Pengaruh Pendapatan Bunga Kredit dan Pendapatan Non Bunga (Fee Based Income) Terhadap Kinerja Keuangan Bank(Return On Asset) (Studi Kasus Pada Bank Umum Milik Negara Periode 2007-2011

Priyatmoko, WahyuDwi (2013) Pengaruh Pendapatan Bunga Kredit dan Pendapatan Non Bunga (Fee Based Income) Terhadap Kinerja Keuangan Bank(Return On Asset) (Studi Kasus Pada Bank Umum Milik Negara Periode 2007-2011. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan-kegiatan dibidang keuangan dalam prakteknya akan mengandung pertimbangan untung rugi atau prioritas pada tingkat profitabilitas. Oleh karena itu, bagi mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Pada saat ini perbankan tidak hanya mengandalkan pendapatan yang dihasilkan dari bunga kredit atau dikenal dengan pendapatan bunga kredit, akan tetapi juga utnuk meningkatkan profitabilitas, maka perbankan harus pintar atau jeli dengan berupaya mencari sumber-sumber atau produk-produk diluar dari kegaitan perkreditan, seperti dari j asa-jasa perbankan yang diberikan atau yang lebih dikenal dengan fee based income. Hal ini menjadi pilar pembentuk profit bagi perbankan. Dengan adanya fee based income, maka pendapatan akan naik dan kinerja keuangan menjadi semakin baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan pada return on assets yang semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simultan pendapatan bunga kredit dan pendapatan non bunga terhadap kinerja keuangan bank dan mengetahui pengaruh parsial pendapatan bunga kredit dan pendapatan non bunga terhadap kinerja keuangan bank. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui data Bank Indonesia (Laporan Bulanan Bank Indonesia, Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI). Metode analisis data yang digunakan yaitu model analisa regresi panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model yang digunakan adalah fixed effect model (FEM), dimana model ini mampu menggambarkan karakter dari masing-masing bank yang diamati. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara simultan dari variabel pendapatan bunga kredit dan pendapatan non bunga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on asset, dengan tingkat koefisien determinasi sebesar 0,881 atau 88,1%, artinya besarnya pengaruh pendapatan bunga kredit dan pendapatan non bunga terhadap return on asset. Secara parsial baik variabel pendapatan bunga maupun pendapatan non bunga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel return on asset.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/52/051401439
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:49
Last Modified: 27 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107560
[thumbnail of SKRIPSI_Wahyu_Dwi_P_(0810213087)_IE_FEB_UB.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Wahyu_Dwi_P_(0810213087)_IE_FEB_UB.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item