Studi Penerapan Earmarking Tax Pajak Kendaraan Bermotor Terkait Pemeliharaan Jalan Di Kabupaten Xxx Provinsi Jawa Timur.

Fitriastuti, SeptiMaulia (2014) Studi Penerapan Earmarking Tax Pajak Kendaraan Bermotor Terkait Pemeliharaan Jalan Di Kabupaten Xxx Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu potensi daerah yang sangat berkembang adalah pajak daerah, dimana saat ini pengaturannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009. Dalam hal kesejahteraan rakyat undang-undang tersebut mengamanatkan untuk mengalokasikan sejumlah dana untuk pembangunan kegiatan sektor pajak yang dipungut, kebijakan ini dikenal dengan earmarking tax. Pajak kendaraan bermotor adalah salah satu pajak yang termasuk dalam kebijakan ini dimana besaran alokasinya yaitu minimal 10% dari hasil dan digunakan untuk pembangunan sarana prasarana transportasi. Di Jawa Timur ketentuan ini dijabarkan dalam Peraturan Daerah Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan kebijakan earmarking tax yang ada disalah satu wilayah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alokasi 10% PKB masih belum menutupi kebutuhan biaya pemeliharaan jalan, karena terdapat beberapa persoalan terkait dengan penerapan kebijakan tersebut.

English Abstract

One potential area that is growing is local tax, which is currently setted based on Undang-Undang No. 28 tahun 2009. In terms of social welfare legislation is mandated to allocate some funds for the construction sector activities withholding tax, this policy is known as earmarking tax. Motor vehicle tax is one that is included in this policy where the amount of the allocation is at least 10 % of the proceeds and used for the construction of transportation infrastructure. In East Java it is are defined in Perda Jatim No. 9 tahun 2010. The aim of this study is to see the application of earmarking tax policy in an area of East Java Province. This study used a qualitative approach. The result of this study indicate that the 10% of PKB allocation still cannot cover the cost of road maintenance needs, because there are some problems related to the implementation of the policies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/505/051501475
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2015 10:40
Last Modified: 27 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107543
[thumbnail of Skripsi_earmarking_-_fix.pdf]
Preview
Text
Skripsi_earmarking_-_fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item