Analisis Keagenan Bank Syariah Dan Umkm Dalam Pembiayaan Murabahah Wal-Wakalah (Studi Kasus Pada PT Bank Mega Syariah Cabang Malang)

Sutrisno, Elmy Yanuarty (2014) Analisis Keagenan Bank Syariah Dan Umkm Dalam Pembiayaan Murabahah Wal-Wakalah (Studi Kasus Pada PT Bank Mega Syariah Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan dan masalah keagenan antara bank syariah dengan nasabah UMKM dalam pembiayaan murabahah wal-wakalah . Teori keagenan menjadi fokus dengan menggunakan kajian kelembagaan atau ekonomi institusi untuk menangani konsekuensi informasi asimetris terhadap risiko pembiayaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa temuan penting yaitu b ankir tidak memiliki persepsi dan pemahaman yang baik terhadap pembiayaan mudharabah yang selalu diusung sebagai pembiayaan yang tepat di bank syariah terutama untuk pembiayaan usaha nasabah mikro, bank mengidentifikasi tingginya resiko pembiayaan UMKM yang berpotensi besar terhadap informasi asimetris. Temuan lainnya menunjukkan bahwa pembiayaan modal kerja untuk UMKM dilakukan oleh bank dengan menggunakan akad murabahah wal-wakalah yang ternyata memiliki potensi masalah keagenan karena adanya wakalah ( agency ). Pendalaman terhadap karakter nasabah UMKM dan pendekatan interpersonal melalui sistem pick-up angsuran dan maintenance AO, menjadi kunci dalam penegakan kontrak pembiayaan oleh bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/440/051407627
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Nov 2014 10:04
Last Modified: 29 Nov 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107473
[thumbnail of SKRIPSI_ELMY_YANUARTY_SUTRISNO_105020100111066.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ELMY_YANUARTY_SUTRISNO_105020100111066.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item