Arung la`bi`, Ranella Pasang (2014) Memahami Retorika Laporan Csr Pt Kaltim Prima Coal 2012 Melalui Analisis Framing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini perusahaan dituntut untuk tidak lagi hanya berorientasi pada profit , namun juga pada aspek sosial dan lingkungan . Bergulirnya berbagai macam kasus eksternalitas negatif yang merugikan masyarakat dan lingkungan melahirkan kecaman dan mendorong masyarakat menuntut ekspektasi bisnis perusahaan berubah haluan untuk juga memedulikan aspek sosial dan lingkungan. Ketertarikan masyarakat terhadap perusahaan yang peduli pada sosial dan lingkungan lamban laun kian meningkat. Hal ini diungkapkan oleh temuan Lembaga Manajemen PPM Indonesia tahun 2006 dalam Maulida (2013) bahwa selain kualitas dan merek yang menjadi perhatian utama konsumen dalam menyeleksi hingga membeli produk, tanggung jawab sosial perusahaan juga menjadi pertimbangan penting konsumen dalam berbelanja. Sehingga tak dapat dielakkan aktivitas CSR dapat mendongkrak reputasi positif perusahaan di mata stakeholder . Salah satu media pengungkapan kinerja aktivitas CSR perusahaan adalah melalui penyajian laporan CSR. Laporan CSR begitu penting adanya sebab melalui pelaporan tersebut, stakeholder menjadi mahfum atas segala upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, kemudian stakehloder juga dapat menggunakan informasi tersebut dalam mengambil keputusan. Laporan CSR pun dapat menjadi ajang evaluasi dan perbaikan kinerja perusahaan pada aspek sosial dan lingkungan. Laporan CSR adalah salah satu produk konstruksi realitas . Kandungan laporan CSR hampir sepenuhnya berisi tutur cerita perusahaan yang berupa narasi. Tak ayal jika laporan CSR pun mengandung retorika baik yang bersifat positif ataupun negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami retorika laporan CSR PT KPC dengan menggunakan analisis framing dan pendekatan penelitian paradigma konstruktivisme.
English Abstract
Today the company is required to no longer just for a profit-oriented , but also on the social and environmental aspects. Crash various cases of negative externalities harm people and the environment and encourage people to bring condemnation demanding the company business expectations changed to also ignore the social and environmental aspects. Peoples interest in a company that cares about social and environmental slowly increasing. T his was disclosed by the findings PPM Institute of Management Indonesia in 2006 in Maulida (2013) that in addition to the quality and brand, a major concern of consumers in selecting products to purchase, corporate social responsibility is also an important consideration for consumers on shooping. So it was inevitable that CSR activities can boost the companys positive reputation in the eyes of stakeholders . One of the media s performance disclosure of CSR activities of the company is through the presentation of CSR report. CSR report is important because through the presence, the sta keholders knowingly reporting on all efforts made by the company in realizing sustainable development , then stakehloder also may use this information in making decisions. CSR reports can also use to evaluating and improving the companies performance on social and environmental aspects . CSR report is one of the realities of products constructions. The content of CSR reports is almost entirely contained story of the company in the form of narrative . CSR report also contains positive or negative rhetoric . The purpose of this research is to understand the rhetoric of CSR reports of PT KPC using framing analysis and constructivism research approaches .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/430/051407516 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 07 Nov 2014 09:17 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 02:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107462 |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |