Mardiyanti, Sofiana (2014) Pengaruh Keyakinan dan Kepercayaan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking Di Malang: Theory of Reason Action yang Direduksi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keyakinan dan kepercayaan teknologi terhadap minat menggunakan internet banking di Malang dengan menggunakan model theory of reaction action dan mereduksi model dari penelitian Selvan et al, (2011). Peneliti menggunakan 138 nasabah bank yang pernah menggunakan internet banking sebagai responden dan dianalisis dengan smartPLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa minat menggunakan internet banking dipengaruhi oleh keyakinan terhadap teknologi yang dimediasi oleh sikap terhadap internet banking, sikap terhadap teknologi layanan mandiri, dan kepercayaan terhadap teknologi. Perasaan positif terhadap teknologi layanan mandiri dan internet banking akan menunjukkan seberapa besar minat seseorang untuk menggunakan internet banking. Keyakinan dan kepercayaan terhadap teknologi yang tinggi dapat menumbuhkan perasaan positif terhadap teknologi layanan mandiri dan internet banking sehingga dapat mendorong minat seseorang untuk menggunkan internet bangking. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat menggunakan internet banking dapat dijelaskan dengan menggunakan theory of reason action. Oleh karena itu, penting bagi pihak perbankan untuk memerhatikan tingkat kepercayaan dan keyakinan dalam mengimplementasikan teknologi internet banking sebagai alat pembayaran sehingga dapat mendorong minat nasabahnya untuk menggunakan internet banking.
English Abstract
This research aimed to examine the effect of technology self efficacy and trust in technology to intention use internet banking in the Malang using models theory of reaction action and research of model reduction Selvan et al, (2011). Amount of the sample is 138 bank customers used internet banking. Results of the analysis for this model shows that intention to use internet banking is influenced by technology self efficacy mediated by attitudes toward internet banking, overall attitude toward service self technologies, and trust in technology. Positive feelings towards service self technologies and internet banking will indicate how large the intention of someone to use internet banking. The self efficacy and trust of high technology can foster positive feelings towards service self technologies and internet banking so as to encourage the intention of someone to either using the internet bangking. The results of this research proves that intention to use internet banking can be described using the theory of reason action. Therefore, it is important to the banker authorities to note the level of trust and self efficacy in the internet banking technology implements as means of payment so as to encourage the intention of its customers to use internet banking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/423/051407509 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Nov 2014 13:56 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107454 |
Preview |
Text
Skripsi_Sofiana_Mardiyanti_105020307111044.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |