Analisa Pengaruh Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar Rupiah, dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Pertambangan di BEI (Periode Pengamatan Tahun 2008 – 2012).

Sambodo, BayuSeto (2014) Analisa Pengaruh Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar Rupiah, dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Pertambangan di BEI (Periode Pengamatan Tahun 2008 – 2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertambangan saat ini telah tumbuh berkembang menjadi sektor yang memegang peranan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi secara umum dan IHSG pada khususnya. Pada pasar saham hal ini dapat terlihat dari jumlah emiten di sektor ini yang terus bertambah setiap tahunnya serta nilai kapitalisasi pasar yang cukup besar di pasar saham. Hal ini tak terlepas dari potensi sektor pertambangan di Indonesia yang begitu besar, disamping itu subsektor energi juga memegang peranan vital sebagai sumber energi untuk proses produksi. Melihat tren pertumbuhannya akhir-akhir ini, membuat sektor ini kedepannya dipercaya dapat menjadi salah satu kunci untuk pembangunan ekonomi Indonesia. Hal inillah yang membuat sektor ini menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel makroekonomi terhadap pergerakan indeks harga saham pertambangan di Bursa Efek Indonesia selama periode pengamatan tahun 2008 - 2012. Dimana variabel-variabel yang digunakan diantaranya adalah : Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar Rupiah, dan Harga Emas Dunia (sebagai variabel Independen) serta Indeks Harga Saham Pertambangan (sebagai variabel Dependen). Metode analisa data yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM) untuk melihat konsistensi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dalam jangka pendek dan jangka panjang. Kemudian Uji F digunakan untuk mengetahui hasil hipotesis secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, Sedangkan uji t digunakan pengujian secara parsial Hasilnya menunjukkan bahwa baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang variabel yang berpengaruh signifikan adalah BI Rate dan Nilai Tukar Rupiah. Dimana dalam jangka pendek BI Rate berpengaruh negatif sedangkan dalam jangka pendek arahnya positif. Sedangkan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh negatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang terhadap Indeks Harga Saham Pertambangan. Sementara laju inflasi dan harga emas dunia tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan Indeks Harga Saham Pertambangan di BEI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/404/051407155
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Oct 2014 08:49
Last Modified: 21 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107435
[thumbnail of TA_065.pdf]
Preview
Text
TA_065.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item