Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir Pnpm (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perkotaan Terhadap Masyarakat Kurang Mampu (Studi Kasus Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malan

Maulidyah, RullyHikmahtul (2014) Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir Pnpm (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perkotaan Terhadap Masyarakat Kurang Mampu (Studi Kasus Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini diajukan guna memenuhi syarat meraih gelar Sarjana Ekonomi, dengan judul “Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir PNPM (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) Mandiri Perkotaan terhadap Masyarakat Kurang Mampu (Studi Kasus Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang)“. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan terhadap pendapatan usaha para penerima dana bantuan di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, (2) mengetahui efektivitas pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan terhadap tingkat kemiskinan pada masyarakat di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana pengaruh pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan terhadap pendapatan masyarakat di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, (2) bagaimana efektivitas pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan dalam mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), wawancara, observasi (pengamatan). Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima pinjaman dana bergulir dari PNPM Mandiri Perkotaan, yaitu sudah melakukan peminjaman pertama kali dan melanjutkan peminjaman untuk kedua kalinya, yaitu sebanyak 30 responden. Melalui analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa Pelaksanaan Pinjaman Dana Bergulir PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang telah efektif. Hal ini terlihat dari 4 indikator dalam melihat efektivitas suatu program, yaitu yang terdiri dari : tingkat kualitas, di mana yaitu pelayanan yang baik diberikan oleh pihak BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) kepada KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) atau penerima manfaat, seperti bimbingan yang dilakukan oleh pihak BKM dalam hal pembuatan proposal pengajuan usaha. Tingkat kuantitas, dilihat modal yang diberikan dan jenis usaha yang digunakan. Modal tersebut harus merata pada setiap anggota KSM dan modal tersebut harus digunakan untuk mengembangkan atau membuka usaha. Dari dampak dapat dilihat dari adanya peningkatan pendapatan yang diterima oleh responden setelah menerima pinjaman dana bergulir PNPM Mandiri Perkotaan. Dari tingkat waktu pengembalian pinjaman dana bergulir terlihat bahwa tidak lebih dari 12 bulan. Dari penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pinjaman dana bergulir yang dilakukan oleh PNPM Mandiri Perkotaan adalah salah satu program yang efektif bagi masyarakat kurang mampu untuk dapat meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga yaitu dengan membuka atau mengembangkan usaha yang berbasis mikro dan peningkatan pendapatan tersebut dipicu oleh beberapa faktor yang di antaranya adalah (1) adanya ekspansi usaha, (2) perputaran modal yang efisien, dan (3) lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/372/051406758
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Oct 2014 07:44
Last Modified: 21 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107400
[thumbnail of 01._FULLTEXT.pdf]
Preview
Text
01._FULLTEXT.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item