Akyun, Kurrota (2014) Analisis Value Chain Sebagai Alat Strategic Cost Management Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Unit Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMD. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis value chain sebagai alat strategic cost management untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan objek penelitian Unit Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang. Berdasarkan laporan laba rugi perusahaan tahun 2012, perusahaan mengalami kerugian. Permasalahan tersebut disebabkan tingginya pemakaian bahan baku 80,088% dari harga produk produksi untuk produk cup 240 ml dan beban penyusutan mesin produk botol. 40,259% dari harga produk produksi. Data yang diperoleh diolah dengan pendekatan konsep analisis value chain yang memusatkan perhatian pada aktivitas-aktivitas nilai mulai dari aktivitas penanganan bahan baku sampai distribusi produk ke konsumen serta pelayanan purna jual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas nilai kritis yang berpengaruh pada profitabilitas perusahaan adalah aktivitas nilai operation yaitu sebesar 78.369% dari volume penjualan, dan untuk keseluruhan biaya aktivitas primer adalah 91,482%, sedangkan untuk aktivitas pendukung sebesar 9,015%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak manajer unit usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang dalam mengoptimalkan pengelolaan biaya dan sumberdaya perusahaan.
English Abstract
This study aims to analyze the value chain as a strategic cost management tool to create a competitive advantage in an effort to improve the profitability of the company with the object of study Business Unit Bottled Drinking Water (bottled water) ASA Perum Jasa 1 Malang. Based on the companys income statement in 2012, the company suffered a loss. Those problems due to high raw material price of 80.088 % of the production of products for product 240 ml cup and bottle products machinery depreciation 40.259 % of the price of the product production. The data obtained were processed with the concept of value chain analysis that focuses on the value of activities ranging from raw material handling activities to the distribution of products to consumers as well as after sales service. The results showed that the critical value activities that affect the profitability of the company is the operation that is equal to the value of the activity of 78.369 % of the volume of sales, and to the overall cost of the primary activity is 91.482 %, while support for the activities of 9.015 %. The results of this study are expected to be input for the business unit managers Bottled Drinking Water (bottled water) ASA Perum Jasa 1 Malang in optimizing the cost and resource management company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/369/051406737 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 09:44 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 02:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107396 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Romawi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |