Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Mustahik Penerima Zis Produktif (Studi pada Lagzis Baitul Ummah Malang)

Rakhma, Annisa Nur (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Mustahik Penerima Zis Produktif (Studi pada Lagzis Baitul Ummah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut pandangan Islam, salah satu cara untuk mengatasi masalah kemiskinan adalah melalui zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Dalam penelitian ini ZIS didistribusikan secara produktif, yaitu ZIS diberikan dalam bentuk bantuan modal usaha. Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) lokal yang menyalurkan ZIS produkif adalah Lagzis Baitul Ummah Malang. Dengan adanya bantuan modal usaha diharapkan pendapatan penerima ZIS (mustahik) dapat meningkat yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kesejahteraan mustahik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui bentuk distribusi ZIS produktif yang dilakukan oleh Lagzis Baitul Ummah Malang, (2) Mengetahui pengelolaan ZIS produktif di Lagzis Baitul Ummah Malang, dan (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan mustahik Lagzis Baitul Ummah Malang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan program statistik SPSS 17, menunjukkan bahwa secara bersama-sama jumlah ZIS produktif, pendampingan usaha, lama usaha, jumlah anggota keluarga, frekuensi ZIS produktif, dan umur mustahik berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan mustahik Lagzis Baitul Ummah Malang. Secara parsial, variabel jumlah ZIS produktif, pendampingan usaha, lama usaha, dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan mustahik. Sedangkan variabel frekuensi ZIS produktif dan umur berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/367/051406735
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Sep 2014 09:38
Last Modified: 26 Nov 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107394
[thumbnail of skripsi_lengkap_Annisa_N.R.pdf]
Preview
Text
skripsi_lengkap_Annisa_N.R.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item