The Analysis on Consumers’ Behavior Towards Modern Retail Shop and Traditional Shop (Case study of young consumers in Lowokwaru District, Malang

Ariefiani, RizkyNindya (2014) The Analysis on Consumers’ Behavior Towards Modern Retail Shop and Traditional Shop (Case study of young consumers in Lowokwaru District, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar ritel modern saat ini menunjukkan peningkatan signifikansi di Indonesia. Ini didorong oleh meningkatnya jumlah masyarakat berpenghasilan kelas menengah dan juga gaya hidup dan perilaku bergeser dari tradisional ke modern. Munculnya toko ritel modern dalam bentuk minimarket, supermarket dan hypermart di banyak kota mempengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap toko ritel modern dan toko tradisional saat ini dan faktor apa yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen terhadap penampilan toko ritel modern dibandingkan dengan toko tradisional. Dalam penelitian ini metode kualitatif digunakan untuk menggali informasi yang lebih dalam tentang pergeseran dalam preferensi konsumen dalam berbelanja dari konsumen. Untuk mengumpulkan data dan kuesioner informasi digunakan dengan melibatkan 25 wanita yang secara teratur berbelanja di distrik Lowokwaru sebagai responden dalam penelitian ini dan kemudian melakukan wawancara mendalam dengan sepuluh orang dari total responden. Studi ini berlangsung di salah satu kabupaten di Malang yang merupakan kabupaten Lowokwaru yang berlokasi minimarket, beberapa supermarket, dan pusat perbelanjaan. Dari temuan dalam penelitian ini menemukan bahwa 48% dari total responden mengunjungi toko ritel modern selama 1-3 kali dalam sebulan dan 44% responden mengunjungi toko tradisional setidaknya 1-3 kali dalam sebulan dan 16% responden menyatakan Bahwa mereka mengunjungi toko tradisional lebih dari enam kali dalam sebulan, selain 28% dari responden menjawab bahwa mereka mengunjungi toko ritel modern lebih dari enam kali dalam sebulan. Dari hasil wawancara menemukan bahwa para responden berbelanja di toko tradisional untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti buah-buahan dan sayuran karena kesegaran produk dibandingkan dengan toko ritel modern. Di sisi lain, mereka juga menyatakan bahwa mereka membeli produk paket di toko ritel modern seperti sabun, sampo, dll karena kualitas produk di mana mereka percaya bahwa toko ritel modern menyediakan produk berkualitas baik. Singkatnya faktor-faktor yang dipilih responden untuk berbelanja di toko ritel modern adalah kenyamanan, keamanan, dan juga kelengkapan produk, meskipun harganya lebih tinggi daripada di toko tradisional. Di sisi lain faktor-faktor yang disukai responden dari berbelanja di toko tradisional adalah lokasi yang dapat diakses dan harga yang lebih rendah untuk produk kebutuhan sehari-hari.

English Abstract

Modern retail market nowadays shows a significance increase in Indonesia. This is driven by the increasing number of middle class income society and also the shifting lifestyle and behavior from traditional to modern. The emerging of modern retail shop in the form of minimarket, supermarket and hypermart in many cities affect the consumers’ preference in shopping. The aims of this study are to know the consumers’ behavior towards modern retail shop and traditional shop nowadays and what factor that causes the change in consumers’ behavior towards the appearance of modern retail shop compare with traditional shop. In this study qualitative method was employed to dig deeper information about the shifting in consumers’ preference in shopping from the consumers. To gather the data and information questionnaire was utilized by involving 25 women who regularly shop in Lowokwaru District as the respondents in this study and then conducting in-depth interview with ten people from the total respondents. The study took place in one of the district in Malang that is Lowokwaru District which located many minimarket, several supermarkets, and shopping malls. From the findings in this study found that 48% of the total respondents visit modern retail shop for 1-3 times in a month and 44% of respondents visit traditional shop at least 1-3 times in a month and 16% of the respondents stated that they visit traditional shop more than six times in a month, besides 28% of the respondents answer that they visit modern retail shop more than six times in a month. From the interview result found that the respondents shop at traditional shop to purchase daily needs such as fruits and vegetables due to the freshness of the product compare with modern retail shop. On the other hand, they also stated that they purchase package product at modern retail shop such as soap, shampoo, etc due to the product’s quality in which they believed that modern retail shop provides good quality product. In summary the factors that the respondents choose to shop at modern retail shop are the convenience, safety, and also completeness of the products, even though the price is higher than in traditional shop. On the other hand the factors that the respondents like from shopping at traditional shop are the accessible location and the lower price for daily need products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/357/051406540
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2014 10:03
Last Modified: 21 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107383
[thumbnail of skripsi_RIZKY_NINDYA_ARIEFIANI_105020107121003.pdf]
Preview
Text
skripsi_RIZKY_NINDYA_ARIEFIANI_105020107121003.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item