Reski, Ardeana (2014) Analisis Optimalisasi Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap tahun pendapatan retribusi daerah di Kabupaten Tulungagung selalu mengalami peningkatan. Retribusi parkir di tepi jalan umum memiliki nominal pendapatan yang paling besar diantara semua jenis retribusi daerah yang ada. Pada tahun 2012 pendapatan retribusi parkir di tepi jalan umum mencapai 5 milyar rupiah. Retribusi parkir di tepi jalan umum ini terbagi menjadi dua jenis yaitu: parkir harian dan parkir berlangganan. Penerimaan pendapatan retribusi parkir di tepi jalan umum paling besar diterima dari parkir berlangganan. Parkir berlangganan di Kabupaten Tulungagung ini sudah berlaku sejak tahun 2004. Walaupun sistem ini sudah berlaku hampir 10 tahun, tapi kenyataannya di lapangan masih ada beberapa permasalahan. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian deskriptif kualitatif ini, antara lain: (1) Masyarakat yang belum mengetahui dimana saja lokasi parkir berlangganan, (2) Masih ada juru parkir yang meminta imbalan di lokasi parkir berlangganan, walaupun tidak secara terang-terangan, (3) Pengawasan yang dilakukan oleh dinas terkait dirasa kurang karena masih ada para pengguna lahan parkir berlangganan yang tidak tahu harus kemana jika ingin menyampaikan kritikan tentang parkir berlangganan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dinas terkait lebih meningkatkan sosialisasi tentang parkir berlangganan dan meningkatkan pengawasan di lapangan serta untuk pemerintah daerah setempat diharapkan meningkatkan kesejahteraan para juru parkir yang ada. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat menjadikan evaluasi untuk daerah-daerah lain yang juga menerapkan sistem parkir berlangganan.
English Abstract
Local retribution revenue in Tulungagung Regency always increases each year. Parking retribution by the side of public road contributes the greatest nominal among all kinds of existing local retributions. In 2012, the income reaches 5 billion rupiahs. Parking retribution by the side of public road is divided into two types: daily parking and subscribe parking. The income of parking retribution by the side of the public road is derived mostly from the subscribe parking. Subscribe parking in Tulungagung Regency has been applied since 2004. While this has run for 10 years, there are still some problems in relation with this system. The problems found in this descriptive qualitative study are: (1) People don’t know where are the subscribe parking locations, (2) There are some parking attendants who ask for the additional payment in the subscribe parking locations although they do it covertly, (3) The supervision performed by the agency is unfavorable since there are some parking users field who don’t know where to go if they want to deliver criticism about the system. Based on the results of this study, relevant agencies are expected to improve socialization and the supervision over subscribe parking in the field. The local government is also expected to improve the welfare of the existing parking attendants. In addition, this study is expected to be an evaluation for others regions which also apply subscribe parking system.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/35/051401220 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Feb 2014 08:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107375 |
Preview |
Text
Ardeana_Reski_0910230047_Skripsi.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |