Analisis Potensi Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Mojokerto)

Khotimah, Qusnul (2014) Analisis Potensi Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otonomi bagi pemerintah daerah telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab bagi pemerintah pada dasarnya adalah membantu pemerintah pusat dalam menyelenggarakan pemerintah. maka pendapatan asli daerah yang merupakan indikator untuk menilai tingkat kemandirian pemerintah daerah di bidang keuangan harus ditingkatkan. Dimana Dalam perkembangannya pemerintah dapat meningkatkan target penerimaan pajaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah kuantitatif diskriptif dengan fokus penelitian pada perhitungan prosetase yang terbatas yaitu ; penerimaan pajak hotel, laju pertumbuhan pajak hotel, perhitungan kontribusi dan potensi pajak hotel di kota mojokerto. Selanjutnya dari hasil perhitungan prosentase dengan menggunakan pemikiran logis untuk menggambarkan dan menjelaskan secara mendalam serta sistematis tantang keadaan yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi pustaka, Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi dari arsip pemerintah daerah khususnya dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan aset kota Mojokerto dan hotel yang berada di kota Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta menggunakan teknik analisis data terhadap obyek penelitian yaitu Efektifitas Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Mojokerto) dari mulai penerimaan pajak hotel, pertumbuhan pajak hotel, perhitungan kontribusi hotel, perhitungan potensi dan efektifitas hotel. Maka dapat disimpulkan bahwa ; penerimaan pajak hotel di kota Mojoerto dari tahun 2009-2013 mengalami kenaikan, untuk pertumbuhan pajak hotel Melihat dari perubahan maupun pertumbuhan pajak hotel mengalami fluktuatif dari tahun 2009-2013 dengan rata-rata pertumbuhan pajak hotel sebesar 14.39% menunjukkan bahwa laju pertumbuhan pajak hotel pemerintah kota Mojokerto berada pada kriteria tidak berhasil, untuk kontribusi pajak hotel di kota Mojokerto Tingkat kontribusi pajak hotel dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 bergerak turun pertahunnya berdasarkan kriteria yang telah disusun oleh tim litbang depdagri fisipol UGM maka kontribusi pajak Hotel berada dalam posisi sangat kurang. sedangkan perhitungan untuk potensi pajak hotel di kota Mojokerto dalam kurun waktu yang berturut-turut dari tahun 2009-2013 perbandingan antara potensi pajak hotel dengan realisasi pajak hotel terdapat selisih yang cukup besar dimana realisasi yang diperoleh DPPKA lebih kecil dibandingkan potensi pajak hotel. Sedangkan untuk perhitungan efektifitas terhadap potensi pajak hotel dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 termasuk dalam realisasi pemungutan pajak kategori tidak efektif.

English Abstract

Autonomy for local governments has been performed by the central government.The purpose of the implementation of regional autonomy real and responsible for the government is basically help the central government in administering government. Then income regional generated is an indicator to rate level self-reliance regional government in the area of finance should be improved.Where in its development the government may increase revenue target his taxes. Methods used in this research is quantitative diskriptif is focusing research on a limited prosetase the calculation; tax revenue growth rate, hotel hotel tax, calculation of contributions and potential tax hotel in the town of mojokerto. Further results from the calculation of percentage by using logical thinking to describe and explain in depth and systematic challenge the actual circumstances. Data collection techniques used are literature Studies, interviews, observation, and documentation of the archive of local government revenue agency financial management in particular and the assets of Mojokerto and hotel located in the town of Mojokerto. Based on the results of research and discussions and uses the technique analysis of data against an object research that is, the effectiveness of our hotel in increasing tax revenue ( case study financial management dept. of income and assets city Mojokerto areas) from getting tax receipts hotel, the growth of the hotel tax, calculation constributions hotel, calculation potential and effectiveness of the hotel.Then can be concluded that; tax receipts hotel in the city mojoerto 2009-2013 increased, from year for growth hotel tax look out of the hotel tax changes and growth experienced fluctuates from year 2009-2013 with the average growth hotel tax of 14.39 % suggests that growth rate hotel tax of a town government mojokerto areas are not successfully, to a criterion for contributions to the hotels in the city of mojokerto areas the level of contributions hotel tax from 2009 until 2013 moving downward annually based on criteria that have been compiled by a team litbang dep.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/322/051405947
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Sep 2014 09:16
Last Modified: 26 Nov 2021 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107345
[thumbnail of qusnul_khotimah.pdf]
Preview
Text
qusnul_khotimah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item