Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Universitas Brawijaya)

Gumilar, AsepGinanjarCahya (2014) Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, lingkungan, dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa tingkat akhir S1 jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert 1-4 untuk bobot masing-masing jawabannya. Dari bobot jawaban tersebut kemudian akan ditransformasi agar bisa dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linear berganda. Hasil perhitungan dari analisa regresi linear berganda membuktikan bahwa secara parsial, ketiga variabel tersebut (motivasi belajar, lingkungan belajar, dan perilaku belajar) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Secara simultan besar pengaruh yang dimiliki oleh ketiga variabel tersebut terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 68,3%. Variabel Motivasi Belajar adalah variabel yang dominan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang karena dengan adanya motivasi baik dari dalam diri mahasiswa tersebut secara pribadi, motivasi yang datang dari luar termasuk lingkungan belajar juga sangat berperan dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Dari dalam diri mahasiswa yang paling besar pengaruhnya terhadap pencapaian prestasi belajar adalah adanya ketertarikan individu terhadap materi perkuliahan. Ketertarikan akan materi perkuliahan membuat mahasiswa meluangkan waktu khusus untuk kembali mengulang materi dan membuat pengerjaan tugas dari dosen selesai tepat waktu. Motivasi yang timbul dari teman, membuat para mahasiswa senang berdiskusi ketika mendapat tugas dari dosen. Lingkungan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap pencapaian prestasi mahasiswa. Baik itu lingkungan belajar di rumah, di kampus maupun di masyarakat sekitar. Dukungan positif dari lingkungan belajar terutama lingkungan belajar di rumah membuat mahasiswa merasa bersemangat dan didukung oleh anggota keluarga untuk berprestasi. Dukungan keluarga berbentuk moril dan materiil sangat berarti. Ketika dukungan telah didapatkan, perilaku belajar mahasiswa akan lebih teratur dan mereka mematuhi dengan disiplin apa yang telah mereka rencanakan selama masa studi.

English Abstract

This research aims to know the influence of learning motivation variables, learning environment, and learning behavior of student learning achievement levels of the end of the Accounting Department of the Faculty of Economics and business, University of Brawijaya Malang. Data collection tools used are questionnaire Likert scale using the closed 1-4 for the weighting of each answer. From the answer weight will then be transformed so that it can be analyzed by using multiple linear regression analysis. The calculation result from multiple linear regression analysis proves that partially, the three variables (the motivation of learning, learning environments, learning and behavior) have a significant influence on the learning achievements of students. The great influence that simultaneously owned by these three variables to the achievement of student learning was 68.3%. And Learning Motivation variables are the variables that affect student learning achievement dominant majoring in accounting and Business Economics University of Brawijaya Malang. Because of the existence of good motivation from within the student personally, the motivation that comes from the outside including the learning environment was also very instrumental in the achievement of student learning achievement. Learning environment also impact significantly to student achievement. Whether its learning environment at home, on campus and in the surrounding communities. Support the positive learning environment especially learning environment at home making students feel excited and supported by family members to Excel. Family support is moral and material means a lot.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/309/051405442
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Sep 2014 09:01
Last Modified: 21 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107330
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item