Analisis Persepsi Yang Mempengaruhi Pembentukan Klaster Umkm Mebel (Studi Pada Umkm Mebel Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan)

Ramdhan, AdeHimawan (2014) Analisis Persepsi Yang Mempengaruhi Pembentukan Klaster Umkm Mebel (Studi Pada Umkm Mebel Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM Mebel dalam meningkatkan daya saing UMKM dengan pendekatan klaster pada UMKM Mebel di kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Ruang lingkup penelitian ini berdasarkan pada diamond model yang dirumuskan oleh Porter yaitu (1) faktor input, (2) faktor permintaan (demand conditions), (3) faktor industri terkait dan pendukung (related and supporting industries), dan (4) faktor strategi, struktur, dan persaingan perusahaan (firm strategy, structure and rivalry). Selain itu, ditambahkan pula faktor modal sosial (social capital) sebagai penentu daya saing. Kelima faktor tersebut diharapkan dapat menjelaskan faktor-faktor penentu daya saing yang menumbuhkembangkan UMKM yang ada di Kecamatan Gadingrejo menjadi suatu klaster yang berdaya saing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/234/051403991
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:15
Last Modified: 21 Oct 2021 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107250
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item