Suprapto, Fitria Magdalena (2014) Pengaruh Persepsi Keamanan Web dan Kesesuaian Lifestyle terhadap Minat Penggunaan Internet Banking: Technology Acceptance Model yang Dimodifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan minat dalam menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan teori model Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) dan pengembangan model yang digunakan oleh Cheng et al. (2006) dan Cho (2005). Faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan dalam penelitian ini adalah kegunaan, kemudahan penggunaan, keamanan web, kesesuaian lifestyle, dan sikap. Meski menawarkan banyak manfaat faktanya internet banking masih belum sepenuhnya menarik minat masyarakat untuk menggunakannya. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dalam menggunakan internet banking, sikap ditentukan oleh persepsi kegunaan, keamanan web, dan kesesuaian lifestyle. Sebaliknya, persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan internet banking. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan referensi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan online, khususnya fasilitas internet banking sesuai dengan tuntutan nasabah demi terciptanya kepuasan dan loyalitas nasabah. Dalam penelitian ini persepsi kegunaan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap sikap penggunaan dan minat penggunaan internet banking.
English Abstract
The purpose of this research is to examine factors that influence attitude and intention to use internet banking with theoretical model of Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis (1989) and development model used by Cheng et al. (2006) and Cho (2005). The antecedent of intention of using in this study are usefulness, ease of use, web security, lifestyle compatibility, and attitude. Although internet banking offers many benefits, people are not interested to use that. This research proves that the attitude in adopting internet banking is determined by the perceived usefulness, web security, and lifestyle compatibility. W hereas perceived ease of use does not effect the attitude of using internet banking. The implication of this research is to provide a reference to improve and enhance the quality of online services , especially internet banking facility in accordance with customers’ demands for customer satisfaction and loyalty . In this study, perceived usefulness has the most dominant effect to attitude and intention of using internet banking .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/220/051403899 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 10:27 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 05:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107235 |
Preview |
Text
skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |