Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang)

Anisak, LailaYulita (2014) Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang menggunakan konsep Balanced Scorecard untuk perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan juga perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data sekunder tahun 2010 – 2012 dan data primer untuk mengukur kepuasan pelanggan dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang secara keseluruhan bila diukur dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard bisa dikatakan “cukup”. Hasil tersebut dapat dilihat pada setiap perspektif, dimana pada perspektif pelanggan yakni pada indikator kepuasan pelanggan menunjukkan hasil puas dengan jumlah sebesar 13560, pada indikator retensi pelanggan menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni mengalami kenaikan dari tahun 2010 sebesar 44% menjadi 49% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami penurunan menjadi 45%, pada indikator akuisisi pelanggan juga menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni menurun dari 56% pada tahun 2010 menjadi 51% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami kenaikan menjadi 55%. Pada perspektif keuangan untuk rasio ekonomi menunjukkan hasil yang cukup ekonomis, rasio efisiensi tahun 2010 menunjukkan hasil yang efisien, namun tahun 2011 dan 2012 menunjukkan hasil yang tidak efisien, sedangkan pada rasio efektivitas di RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang sudah bisa dikatakan efektif, hal ini terbukti dari tercapainya anggaran pendapatan yang telah dibuat. Pada perspektif proses bisnis internal (BOR, TOI, BTO, ALOS, GDR, NDR) secara keseluruhan dinilai “cukup". Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yakni pada indikator kepuasan karyawan menunjukkan hasil sebesar 8461 yang berarti karyawan merasa agak puas, pada indikator retensi karyawan menunjukkan hasil yang cukup, sedangkan produktivitas karyawan menunjukkan hasil yang kurang. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase absensi karyawan yang tercermin dalam indikator produktivitas karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/195/051403291
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jun 2014 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107206
[thumbnail of SKRIPSI_105020300111001_LAILA_YULITA_ANISAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_105020300111001_LAILA_YULITA_ANISAK.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item