Dampak Peternakan Kuda Megastar Terhadap Kesempatan Kerja Dan Peluang Berusaha Di Dusun Jalibar Oro-Oro Ombo Kota Batu

Alfan, Moch. Ismi (2018) Dampak Peternakan Kuda Megastar Terhadap Kesempatan Kerja Dan Peluang Berusaha Di Dusun Jalibar Oro-Oro Ombo Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batu merupakan daerah di dataran tinggi yang terdapat banyak tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Khususnya di peternakan kuda PT Megastar ini, menyuguhkan wisata yang berbeda dari yang lain. PT Megastar mengintegrasikan peternakan kuda dengan taman bunga yang juga dikelilingi pepohonan hutan alami. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena masih tergolong baru dan berbeda dari wisata yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon masyarakat dan dampak yang timbul terhadap kesempatan kerja serta peluang usaha bagi masyarakat sekitar dengan adanya PT Megastar. Hasil dari penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi agar dapat dikembangkan sehingga dapat mengurangi pengangguran. Penelitian ini dilaksanakan di PT Megastar yang beralamat di Jalan Langsep Desa Oro-oro Ombo ix Kecamatan Batu Kota Batu selama satu bulan pada tanggal 19 Juni sampai dengan 18 Juli 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview) terhadap subjek dan informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peternakan yang ada di PT Megastar memiliki jumlah kuda sekitar 70 ekor yang terdiri dari kuda anakan dan kuda dewasa. Daya tarik utama dari wisata disini yaitu adanya integrasi antara peternakan dan taman bunga matahari yang masih tergolong baru. PT Megastar masih dalam proses pembangunan, sehingga wahananya pun masih sedikit, namun yang menjadi faktor utama wisawatan datang adalah bermain dengan kuda. Kegiatan wisata di PT Megastar mempunyai dampak bagi masyarakat sekitar. Dampak yang ditimbulkan dapat menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar karena lebih mendahulukan pekerja dari masyarakat sekitar, serta timbulnya peluang berusaha sektor informal bagi masyarakat sehingga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat. Disimpulkan bahwa PT Megastar berkontribusi penting dalam hal mengurangi pengangguran, karena memberikan kesempatan kerja sebagai tenaga kerja sektor formal dan peluang berusaha disektor informal sehingga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat x yang ekonomi rendah. Tentunya dengan adanya tempat wisata yang tergolong baru ini, memberikan wisatawan lebih banyak pilihan dalam berwisata dengan lingkungan yang bersih.

English Abstract

This study used descriptive qualitative method by using a structured questionnaire. Based on the survey results revealed that farms in PT Megastar has a number of horse about 70 horses. Besides the main attraction of the tourist activities the integration between farm and the flower garden, The combination of these sectors, it can be an education trip for tourists coming to PT Megastar. Tourism activities in Agroresort Margo Utomo has an impact to the surrounding community. The impact arised from employment opportunities for the local population as much priority to workers coming from Oro-oro Ombo. Another effect is the emergence of informal sector business opportunities for the community so that it can increase income for the community. Beside of that the waste of horse farm used as compost fertilizer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/51/051801582
Uncontrolled Keywords: Impact, employment, bussines opportunity
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.1 Horses > 636.106 8 Horse industry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 May 2018 07:25
Last Modified: 22 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10719
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item