Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Dan Angkatan Kerja Wanita Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Gresik (Studi Kasus Tahun 2008-2012)

Widyasworo, Radhitya (2014) Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Dan Angkatan Kerja Wanita Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Gresik (Studi Kasus Tahun 2008-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Tingkat Pendidikan, Kesehatan dan Partisipasi Angkatan Kerja Wanita terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Gresik tahun 2008-2012. Pemilihan variabel tingkat pendidikan dan kesehatan karena kedua variabel ni merupakan investasi SDM untuk meningkatkan produktivitas seseorang. Dimana dengan tingginya angka produktivitas maka gaji yang diperoleh juga akan meningkat dan kesejahteraan tercapai. Sedangkan partisipasi angkatan kerja wanita dipilih karena Gresik adalah kabupaten yang berbasis industri yang menyerap banyak tenaga kerja wanita. Selain itu salah satu faktor utama wanita terjun kedunia kerja adalah untuk menopang perekonomian keluarga, membantu suami. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan data time series. Setelah dilakukan uji asumsi klasik, baru dilanjutkan dengan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel terhadap tingkat kemiskinan dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling besar terhadap tingkat kemiskinan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan. Tingkat pendidikan dan partisipasi angkatan kerja wanita berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan sedangkan tingkat kesehatan berpengaruh namun tidak signifikan. Hubungan yang terjalin antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah berlawanan arah. Ketika salah satu atau semua variabel bebas mengalami peningkatan maka tingkat kemiskinan akan menurun. Dan variabel partisipasi angkatan kerja wanita berpengaruh paling besar terhadap tingkat kemiskinan karena alasan wanita turun ke dunia kerja lebih dominan disebabkan oleh tuntutan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/156/051402789
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 May 2014 11:01
Last Modified: 20 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107164
[thumbnail of RADHITYA_W..pdf]
Preview
Text
RADHITYA_W..pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item