Widyaningrum, Ayu (2014) Determinan Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari variabel gender, usia, dan tingkat pendidikan terhadap variabel love of money dan persepsi etis. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan antara tingkat love of money dengan persepsi etis pada mahasiswa akuntansi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 dan S2 Akuntansi Universitas Brawijaya, yang telah menempuh mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 88 responden. Penelitian ini memakai analisis jalur sebagai metode untuk pengujian dan menyimpulkan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gender, usia, dan tingkat pendidikan terhadap love of money mahasiswa akuntansi dan persepsi etis mereka. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Gender berpengaruh terhadap love of money mahasiswa akuntansi, (2) Usia berpengaruh terhadap love of money mahasiswa akuntansi, (3) Tingkat pendidikan berpengaruh terhadap tingkat love of money mahsiswa akuntansi, (4) Gender berpengaruh persepsi etis mahasiswa akuntansi, (5) Usia berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. (6) Tingkat pendidikan mahasiswa berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan arah yang positif. (7) Love of money memiliki pengaruh yang terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
English Abstract
This research aimed to examine the effect of variables of gender, age, and education level of the variable love of money and ethical perceptions. In addition, this research aims to analyze a relationship between the level of love of money on accounting students with their ethical perceptions. The sample in this research is taken by using the data collection method called the purposive sampling. The population of this research are undergraduate and master students of accounting University of Brawijaya, who has completed the courses of business ethics and the profession. The number of samples that are used namely as much as 88 respondents. The research was put on path analysis as a method for testing and to conclude the hypothesis. The results showed that there is the influence of gender, age, and educational level of the love of money the student accounting and their ethical perception. The results of this research are: (1) Gender have relationship with the accounting students’ love of money. (2) Age have relationship with the accounting students’ love of money. (3) Level of education have relationship with the accounting students’ love of money. (4) Gender have relationship with the accounting students ethical perceptions. (5) Age have relationship with the accounting students’ ethical perceptions. (6) Level of education have relationship with the accounting students ethical perceptions. (7) Love of money has a relation on accounting students’ ethical perception
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/133/051402565 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 02 May 2014 10:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107140 |
Text
SKRIPSI_FULL_AYU_WIDYANINGRUM_105020301111010.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |