Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) : Studi Empiris Pada Calon Mahasiswa Ppak Di Universitas Brawijaya

Apriani, DimaNurfitri (2014) Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) : Studi Empiris Pada Calon Mahasiswa Ppak Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, biaya pendidikan dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Hipotesis yang diajukan adalah motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, biaya pendidikan dan lama pendidikan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya untuk mengikuti PPAk. Penelitian menggunakan sampel sejumlah 211 mahasiswa S1 akuntansi tahun angkatan 2010 dan 2011 di Universitas Brawijaya. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert 5 point yang disebarkan dan dianalisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, biaya pendidikan dan lama pendidikan secara simultan mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti PPAk secara signifikan. Secara parsial, motivasi kualitas dan biaya pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, sedangkan motivasi karir dan lama pendidikan tidak berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk.

English Abstract

This study aims to analyze and provide empirical evidence about the effect of quality motivation, career motivation, economic motivation, education cost and length of education towards accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education. The research questions of the problems posed are quality motivation, career motivation, economic motivation, education cost and length of education have a positive influence towards Brawijaya University accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education. This study used 211 samples of S1 accounting students class of 2010 and 2011 at Brawijaya University. The research data obtained by using a questionnaire with 5-point Likert Scale and then analyzed with multiple regression analysis using SPSS 16.0 software. The results showed that quality motivation, career motivation, economic motivation, education cost and length of education simultaneously influence towards accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education. Partially, quality motivation and education cost have a positive significant towards accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education, economic motivation has a positive influence towards accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education whereas career motivation and length of education don’t have a positive influence towards accounting student’s interest to follow Accounting Profession Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/113/051402295
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Apr 2014 13:39
Last Modified: 18 Oct 2021 13:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107119
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of cover+daftar_isi.pdf]
Preview
Text
cover+daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item