Analisis Efektivitas Penyaluran Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus pada Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang)

Novania, SaniyDesu (2013) Analisis Efektivitas Penyaluran Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus pada Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran dan potensi UMKM yang strategis dalam perekonomian nasional tidak membebaskan sektor ini dari permasalahan klasik, yaitu terbatasnya modal untuk pengembangan usahanya. Melalui unit Mikro Laju, Bank CIMB Niaga mulai melirik sektor. Namun, fungsi perkreditan memikul risiko terbesar. Bank dapat meminimalisir masalah tersebut dengan penyaluran kredit yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses operasional dan efektivitas penyaluran kredit Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang dilihat dari kondisi internal bank, kondisi calon debitur, dan kondisi lingkungan bank. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif deskriptif. Data diambil dengan metode studi kasus dimana terdapat wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada objek penelitian. Objek penelitian ini adalah Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang. Hasil penelititan ini menunjukkan bahwa Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang memiliki profil kredit yang baik. Ini ditunjukan oleh tingkat NPL yang rendah yaitu 0,27% pada tahun 2011 dan 0,04% pada tahun 2012, jumlah debitur yang meningkat, dan pencairan dana kredit yang meningkat. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas penyaluran kredit tersebut antara lain syarat pemberian kredit yang lengkap dan mudah; proses analisis yang benar dan teliti, dengan menerapkan analisis 5C; proses penagihan kredit yang mudah dengan berbagai alternatif; pembinaan dan pengawasan debitur; peran AO dan CO yang baik; pemanfaatan kredit debitur yang sesuai. Selain itu terdapat dua faktor eksternal bank yang mempengaruhi efektivitas penyalu ran kredit, yaitu perkembangan ekonomi dan persaingan usaha perbankan mikro. Para debitur juga mengaku merasa puas dengan layanan yang diberikan karena kredit tersebut telah membantu dan mengembangkan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/9/051301270
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:12
Last Modified: 18 Oct 2021 12:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107090
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Awal-Saniy_Desu_Novania__0810230138_.pdf]
Preview
Text
Halaman_Awal-Saniy_Desu_Novania__0810230138_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item