Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Minuman Sari Apel di Kota Batu)

Putra, OkkyRioAndika (2013) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Minuman Sari Apel di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional sangat besar. Krisis ekonomi yang diawali dengan krisis moneter yang terjadi di Indonesia menunjukkan bahwa UMKM relatif lebih bertahan dalam menghadapi krisis tersebut, dari pada usaha skala besar yang sering mengalami kebangkrutan. Dimana Kota Batu dengan banyaknya perkebunan buah apel membuat masyakat membuat sebuah produk UMKM minuman olahan sari buah apel, Dalam perkembangannya, sektor agroindustri terutama untuk sub sektor minuman terlihat mendominasi sektor industri perdagangan di kota batu Pendapatan perkapita sebagai salah satu indikator kesejahteraan masyarakat berperan dalam meningkatkan taraf hidup suatu masyarakat . masyarakat sebagai rumah tangga konsumen mempunyai permasalahan yang kompleks dalam usaha pemenuhan konsumsinya. Setiap pemenuhan konsumsi yang diinginkan harus mempunyai nilai guna maksimal sebagai indicator Kepuasan atau utilitas. Untuk mewujudkan fungsi konsumsi yang mencapai nilai kepuasan tertinggi maka setiap rumah tangga konsumen harus mengerjakan segala sesuatu yang dapat menghasilkan pendapatan sehingga akan mampu mendongkrak nilai keterbatasan anggaran belajanya. Salah satu usaha untuk mendongkrak nilai keterbatasan anggaran belanja adalah dengan berinvestasi melalui kegiatan industry kecil. UMKM di kecamatan batu kota batu dinilai mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah. UMKM sari apel memiliki banyak kendala pada proses produksinya, yaitu diantaranya modal, tenaga kerja, bahan baku, mesin (teknologi) dan pengalaman kerja. Faktor produksi sangatlah berpengaruh terhadap pendapatan UMKM sari apel dikarenakan produksi yang tak maksimal maka akan menghasilkan hasil yang tak maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/611/051401932
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:21
Last Modified: 20 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107032
[thumbnail of 0910213111.pdf]
Preview
Text
0910213111.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item