Analisis Formulasi Kebijakan City Branding “Beautiful Malang”

Pradita, Ignadia (2018) Analisis Formulasi Kebijakan City Branding “Beautiful Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

City branding adalah langkah strategis dengan membentuk tagline yang mampu menggambarkan potensi, membentuk identitas dan membangun diferensiasi suatu kota. Kota Malang merupakan salah satu kota yang menerapkan kebijakan city branding. Dalam penerapannya sejauh ini masih terlihat adanya kritikan dan pertentangan dari beberapa stakeholder dan penerapannya masih terlihat belum adanya sinkronisasi dengan OPD lain. Hal ini menarik untuk dikaji lebih dalam bagaimana sebenarnya kebijakan ini diformulasikan. Pada penelitian ini membahas proses formulasi dimana tahapan ini merupakan fondasi awal yang akan mempengaruhi pelaksanaan kebijakan. Fokus penelitian untuk mengetahui proses formulasi serta melihat faktor pendorong dan penghambat pada proses kebijakan city branding “Beautiful Malang”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Kerangka teori yang digunakan teori formulasi kebijakan dari Budi Winarno dengan menggunakan empat tahapan proses formulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari indikator (1) Pada proses perumusan terdapat empat tuntutan dan masalah yang melandasi akan tetapi, dari keempat permasalah tersebut belum mengidentifikasi potensi yang dimiliki Kota Malang (2) Pada proses agenda setting belum melibatkan stakeholder dalam pembentukan konsep city branding (3)Terdapat tujuh model dalam tahapan pemilihan alternatif akan tetapi model-model tersebut tidak disosialisasikan dan dikonsultasikan kepada masyarakat sebelum kebijakan ditetapkan (4) Penetapan kebijakan yaitu dalam bentuk Surat Edaran (SE) Nomor: 556/297/35.73.308/2015 namun pasca penetapan kebijakan terlihat pada proses sosialisasi lebih menekankan pemasangan logo belum pada pemaknaan yang mendalam, kurangnya koordinasi antar OPD dan mendapat cukup banyak mendapat beberapa kritikan dan pertentangan dari stakeholder. Adapun faktor pendukung yakni proses tahapan pembentukkan kebijakan city branding “Beautiful Malang” sudah lebih baik dibandingkan dengan city branding Kota Malang yang sebelumnya sedangkan faktor penghambat yaitu payung hukum dari kebijakan city branding “Beautiful Malang” masih belum kuat, minimnya anggaran, dan adannya tuntutan agar city branding ini segera diimplementasikan.

English Abstract

City branding is a strategic step by forming tagline that are able to describe the potential, establish identity, and build differentiation of a city. Malang city is one of the cities that used city branding policy However, there were some criticisms and contradictions from stakeholders and the application was not synchronization with other OPDs. This research discussed about the formulation process where in this stage, the first foundation would effect the implementation policy. The focus of this study aimed to determine the formulation process, found the supporting factor and obstacle factor in city branding policy of “Beautiful Malang”. The reseach method used descriptive qualitative method. The theoretical framework used in this research is the theory of policy formulation by Budi Wirnano using four stages. The result of this study indicated that from the indicator (1) from the formulation process, there were four demands and problems but based on the four problems before that it could not be identified the potential of Malang City (2) the agenda setting process has not involved the stakeholders to establish City Branding concept(3) There were 7 models in the alternative selectonprocessbut these models did not socialized and consulted with society before this policy applied(4) the determination of policy in the form of circular letter (SE) number : 556/297/35.73.308/2015 yet in post determination of policy, the socialization looked more emphasize in using logo than meaning, minimum coordination inter-OPD and there were some critisms and opposition from stakeholders.The supporting factor the forming step process of city branding policy “Beautiful Malang” is better the policy before, however there were some obstacle factors, there are the legal status is not strong enough from city branding policy of “Beautiful Malang”, minimum budget, and a demand to implement the city branding immediately.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/234/051803634
Uncontrolled Keywords: Formulasi kebijakan, city branding, Beautiful Malang, Kota Malang
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 May 2018 03:31
Last Modified: 21 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10702
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 9.Lampiran.pdf]
Preview
Text
9.Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item