Pengaruh Faktor Fundamental Dan Teknikal Terhadap Return Saham (Studi Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Periode 2008-2011)

N, CrisnaMartzein (2013) Pengaruh Faktor Fundamental Dan Teknikal Terhadap Return Saham (Studi Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Periode 2008-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Harga saham merupakan indikator keberhasilan manajemen perusahaan. Jika harga saham perusahaan mengalami kenaikan, maka investor menilai bahwa perusahaan berhasil dalam mengelola usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi return saham (diwakili oleh harga saham), melalui analisis teknikal dan fundamental. Variabel fundamental yang digunakan dalam memprediksi harga saham adalah Quick Ratio (QR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Total Asset Turn Over (TATO), Woring Capital Turn Over (WCTO), and Price Earning ratio (PER). Variabel teknikal diwakili oleh beta perusahaan (β). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda program SPSS Versi 20.0. Untuk mendapatkan estimasi dan interpretasi yang baik dari penelitian ini maka sampel yang diteliti ditetapkan sebanyak delapan dari 35 perusahaan IBK periode 2008-2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan ketujuh variabel independen: QR, DER, ROE, TATO, WCTO, PER dan β berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu harga saham. Sedangkan secara parsial, DER, PER, dan ROE berpengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Variabel yang berpengaruh dominan adalah ROE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/569/051400404
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Feb 2014 08:50
Last Modified: 19 Oct 2021 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106989
[thumbnail of Pengaruh_Faktor_Fundamental_dan_Teknikal_terhadap_Return_Saham.pdf]
Preview
Text
Pengaruh_Faktor_Fundamental_dan_Teknikal_terhadap_Return_Saham.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item