Faktor Psikologis Konsumen Yang Memengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif (Impulse Buying Tendency) Produk Fashion Di Malang Town Square (Matos).

Pricilia, YoanWahyu (2013) Faktor Psikologis Konsumen Yang Memengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif (Impulse Buying Tendency) Produk Fashion Di Malang Town Square (Matos). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena yang terjadi di masyarakat dewasa ini adalah terjadinya kecenderungan masyarakat pada sifat belanja yang konsumtif. Hal tersebut ditunjang dengan inovasi pusat perbelanjaan yang memiliki konsep one stop shopping yang semakin memudahkan masyarakat untuk memenuhi hasrat belanja mereka. Sifat belanja konsumtif ini yang paling utama dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri manusia sendiri, terutama aspek afektif dan aspek kognitif. Aspek afektif adalah aspek emosional atau dorongan dalam diri manusia untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan mereka tanpa memperhatikan resiko yang ada, sedangkan aspek kognitif adalah aspek dalam diri manusia yang masih mementingkan logika dan nilai dari produk yang akan dibelinya. Kedua aspek ini tercermin dalam aspek psikologis dalam diri manusia, yang terdiri dari 4 faktor psikologi kunci yaitu: motivasi, persepsi, pembelajaran, dan memori. Faktor psikologis ini serat kaitannya dengan perilaku pembelian impulsif (pembelian yang dilakukan tanpa banyak pertimbangan), dimana pembelian impulsif sering terjadi pada produk fashion adalah produk yang memiliki banyak ragam dalam meningkatkan penampilan serta memiliki perubahan yang terus-menerus mengikuti perubahan jaman. Malang Town Square sebagai pusat perbelanjaan yang memiliki kelebihan antara lain: mudah ditempuh dari segala arah (terletak di lokasi yang strategis), menyediakan produk fashion yang beragam dan cenderung mengikuti tren, dan mempunyai kisaran harga yang relatif murah menarik konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) signifikansi pengaruh faktor- faktor psikologis konsumen yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, dan memori terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Malang Town Square baik secara simultan maupun parsial, dan 2) faktor psikologis yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Malang Town Square. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research , jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi penelitian ini pengunjung pusat perbelanjaan Malang Town Square (Matos), yang memenuhi kriteria (berbelanja dan melakukan pembelian produk fashion secara impulsif dengan frekuensi lebih dari dua kali, dan berbelanja untuk kepentingan/penggunaan pribadi dalam rentang waktu 3 bulan terakhir. Sampel ditetapkan sebanyak 50 responden dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan tahap : uji instrument dengan melakukan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis melalui uji F, uji t dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan adalah bahwa faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, dan memori berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku pembelian impulsif di malang Town Square. Dalam penelitian ini diketahui pula bahwa faktor persepsi adalah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Malang Town Square .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/49/051303010
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Apr 2013 15:19
Last Modified: 19 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106908
[thumbnail of 4.Daftar_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4.Daftar_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
3.Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.Lampiran_Hasil_Analisis_Data.pdf]
Preview
Text
13.Lampiran_Hasil_Analisis_Data.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.cover.pdf] Text
1.cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2.Kata_Pengantar.pdf] Text
2.Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12.Kuesioner.pdf] Text
12.Kuesioner.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5.Ringkasan.pdf]
Preview
Text
5.Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.Bab_I_Skripsi.pdf] Text
6.Bab_I_Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7.Bab_II_Skripsi.pdf]
Preview
Text
7.Bab_II_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.Bab_III_Skripsi.pdf]
Preview
Text
8.Bab_III_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.Bab_IV_Skripsi.pdf] Text
9.Bab_IV_Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 10.Bab_V_Skripsi.pdf]
Preview
Text
10.Bab_V_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11.Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
11.Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item