Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal (Studi Pada Bmt Mmu Sidogiri Pasuruan)

Nugroho, EkaAdi (2013) Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal (Studi Pada Bmt Mmu Sidogiri Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja Baitul Maal wat Tamwil ( BMT ) dalam pemberdayaan ekonomi lokal di BMT MMU Sidogiri Pasuruan dan sejauh mana fungsi bisnis dan fungsi sosial BMT berperan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. M engingat bahwa Indonesia khususnya di daerah yang pertumbuhan ekonominya masih sulit namun potensi dan kearifan lokal yang dimiliki daerah tersebut cukup besar dalam hal lembaga keuangan mikro, maka tindak lanjutnya yaitu berupa observasi-observasi pada lembaga keuangan mikro khususnya BMT yang memliki dampak nyata bagi masyarakat yang pertumbuhan ekonominya masih lemah. Hal ini dirasa perlu karena citra (image) lembaga keuangan syariah dalam hal ini BMT, minimal harus setara dengan lembaga keuangan konvensional. Meskipun masyarakat mayoritas masih menggunakan jasa lembaga keuangan konvensional seperti Bank namun hal ini merupakan tantangan bagi BMT agar mempertahankan dan meningkatkan branding nya sebagai lembaga yang mampu memberdayakan masyarakat dengan basis syariah . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kua l itatif, yaitu dengan pospos i tivisme rasionalistik . Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi masyarakat Sidogiri terhadap kinerja BMT MMU Sidogiri dalam pemberdayaan ekonomi lokal cukup bagus. Hasil analisis yang membuktikan persepsi masyarakat yang cukup bagus terhadap BMT yaitu : (1) dari sisi prestasi yang pernah diraih oleh BMT MMU Sidogiri salah satunya Koperasi terbaik kategori “ The Most Loyal Customer ” pada tahun 2010 (2) dari sisi masyarakat yaitu banyaknya masyarakat yang membuka usaha melalui pembiayaan BMT yang ditunjukkan dengan pertumbuhan lending bagi masyarakat pada tahun 2011 yang mencapai Rp 66.488.000 (3) dari sisi inovasi produk, masyarakat menilai produk BMT MMU Sidogiri cukup inovatif dan berkontribusi nyata bagi masyarakat. Seperti dalam hal tabungan terdapat tabungan walimah, tabunga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/488/051310347
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2013 09:49
Last Modified: 19 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106906
[thumbnail of Lembar_Pernyataan_Keaslian_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pernyataan_Keaslian_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item