Kriteria Tenaga Kerja (Standard Requirement) Untuk Perusahaan an Implikasinya Terhadap Rekruitmen Tenaga Kerja Perusahaan

BellaA, Melody (2013) Kriteria Tenaga Kerja (Standard Requirement) Untuk Perusahaan an Implikasinya Terhadap Rekruitmen Tenaga Kerja Perusahaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari siapa yang bekerja dan menjalankan usaha tersebut. Kualitas SDM dalam perusahaan merupakan ujung tombak dari keberhasilan suatu perusahaan serta menjadI daya saing sebuah perusahaan. Mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kriteria yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini membutuhkan proses untuk menentukan kriteria tenaga kerja seperti apa yang saat ini dibutuhkan perusahaan. Dengan adanya proses menentukan kriteria tenaga kerja ( standard requirement ) yang dilakukan perusahaan secara tepat, maka diharapkan standard requirement tersebut dapat menjadi suatu tolak ukur bagi para pelamar yang ingin melamar pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana apa saja kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan ( standard requirement ) serta bagaimana implikasinya terhadap proses perekrutan calon tenaga kerja pada perusahaan waralaba Btrav Tour and Travel di Malang, Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menentukan standard requirement , perusahaan Btrav Tour and Travel melewati empat tahap yang dilalui, yaitu : mencatat permintaan dari divisi yang membutuhkan tenaga kerja baru, melakukan pertimbangan untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus diisi dari luar dan mana yang dapat diisi dari dalam, menentukan kebutuhan SDM yang dibutuhkan, dan menentukan hasil yang akan dicapai jika lowongan tersebut telah terisi. Standard Requirement yang ditetapkan Btrav adalah usia yang sesuai, pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan mengoperasikan computer, customer oriented, komunikasi yang baik,tanggung jawab,dan pengetahuan tentang travel. Hal tersebut memiliki implikasi terhadap proses perekrutan calon tenaga kerja perusahaan, yaitu : standard requirement yang tepat dapat menjadi filter bagi para pelamar, serta dapat meminimalisir biaya ( cost ) dan waktu bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sedangkan standard requirement yang belum dapat dipenuhi tenaga kerja adalah pengetahuan tentang tour dan travel, customer oriented , dan pengalaman kerja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/483/051310342
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Nov 2013 15:03
Last Modified: 19 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106901
[thumbnail of 051310342.pdf] Text
051310342.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (35kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item