Analisis Pengaruh Bunga Kredit, Bunga Deposito, Risiko Kredit, Laba Bank, Dan Kecukupan Modal, Terhadap Kredit Bank Umum Nasional Di Indonesia Periode Tahun 1996-2000

Wahyuaji, BenyHendrawan (2013) Analisis Pengaruh Bunga Kredit, Bunga Deposito, Risiko Kredit, Laba Bank, Dan Kecukupan Modal, Terhadap Kredit Bank Umum Nasional Di Indonesia Periode Tahun 1996-2000. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang mempunyai fungsi sebagai penghimpun dan penyalur dana dari masyarakat dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Namun di sisi lain, bank bagaimana suatu perusahaan pada umumnya, tentu menginginkan keuntungan yang maksimum serta yang terutama adalah kelangsungan hidup usahanya. Untuk dapat tetap survive dan memperoleh keuntungan, maka bank harus dapat memaksimalkan kegiatan penggunaan dananya untuk memperoleh pendapatan melalui berbagai alternatif investasi. Pada penelitian ini akan membahas tentang pendapatan bank melalui investasi yang berupa kredit. Sehingga permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimanakah pengaruh bunga kredit, bunga deposito, risiko modal, laba bank, kecukupan modal terhadap kredit bank umum nasional di Indonesia. Bank sering pula disebut dengan lembaga kepercayaan. Berbeda halnya dengan perusahaan lain, transaksi usaha bank senantiasa berkaitan dengan uang karena memang komoditi usaha bank adalah uang. Sejalan dengan karakteristik usaha tersebut, maka bank merupakan suatu segmen usaha yang kegiatannya banyak diatur oleh pemerintah. Pengaturan ini tidak terlepas dari peranannya dalam pelaksanaan kebijakan moneter yang dijalankan pemerintah. Dalam kegiatannya, bank dapat mempengaruhi jumlah uang beredar yang merupakan salah satu sasaran pengaturan oleh otoritas moneter dengan menggunakan berbagai piranti kebijaksanaan moneter “ Tidak berbeda dengan pengertian di atas, Sinungan (1994 : 12) menyatakan bahwa: Bank sebagai lembaga keuangan berfungsi sebagai financial intermediary atau perantara keuangan dari dua pihak yaitu: pihak yang berkelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana. Selain itu, sebagai institusi yang amat penting peranannya dalam masyarakat, bank adalah suatu lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan usaha usaha dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi besarnya penyaluran kredit oleh bank-bank umum nasional di Indonesia. Selain itu juga untuk mengetahui langkah-langkah strategis perbankan dalam kebijaksanaan manajemen aktiva-pasiva, perilaku perbankan dalam menghadapi risiko terhadap investasi yang dilakukannya dan menambah wawasan dan pengetahuan khususnya dalam bidang perbankan. Penelitian ini dilakukan pada bank umum nasional yang “go public” dan terdaftar di Bursa Efek Surabaya (BES). Adapun obyek analisis dari penelitian ini adalah besarnya investasi dalam bentuk kredit dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Seluruh data diambil selama kurun waktu lima tahun mulai tahun 1996 sampai dengan tahun 2000. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi besarnya kredit bank-bank umum nasional, digunakan metode regresi berganda.

English Abstract

Banks are financial institutions that have functioned as an assembler and distributor of public funds in order to be able to improve the well-being of society at large. But on the other hand , the bank as an enterprise in general , would want maximum profits and that especially is its survival. To be able to still survive and make a profit, then the bank should be able to maximize the use of activities to raise funds through a variety of alternative investment income. In this research will discuss about the investment income in the form of bank credit. Until the problems that will be discussed is how the influence of credit interest, interest deposits, capital, bank earnings, capital adequacy against a national public bank credit in Indonesia. Banks often also referred to the board of the trust. Different is the case with other companies, transactions are always associated with the banks money because it is the banks commodity exchanges. Characteristics in line with these efforts, the bank is a business segment of many activities organized by the government. This arrangement is inseparable from the role in the implementation of the governments monetary policy is conducted. In its activities, the banks can influence the money supply which is one of the targets of regulation by the monetary authority to use various monetary wisdom piranti " Not different in the sense above, Sinungan (1994:12) states that: Bank as a financial institution serves as a financial intermediary Financial intermediary or from the two parties, namely: the surplus of funds and the lack of funds. In addition, as a very important institution in the community role, the bank is a financial institution whose principal effort to give credit and venture effort in payment traffic and circulation of money. The research was conducted in order to analyze what are the different factors that influence the magnitude of credit by public banks nationwide in Indonesia. In addition to well know banking strategic measures in asset management-pasiva wisdom, banking behavior in the face of risks to the investment is doing and add insight and knowledge, especially in the banking field. The research was conducted on a national public bank "go public" and is listed in Surabaya Stock Exchange (BES). Now the object of analysis of this research is mainly in the form of investment credit and the factors that affect it. All data taken during the period of five years from the year 1996 till the year 2000. To find out what factors affect its general credit of national banks, used multiple regression method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/471/051309580
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Nov 2013 08:10
Last Modified: 19 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106889
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_INDONESIA.pdf]
Preview
Text
COVER_INDONESIA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item