Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Malang).

Ika, DewiNur (2013) Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas layanan, nilai nasabah dan atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah Cabang Malang. Kepuasan nasabah merupakan respon nasabah terhadap ketidaksesuaian anatara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank BRI Syariah Cabang Malang. Sampel yang diambil sebanyak 200 responden dengan menggunakan teknik non-Probability Sampling dengan pendekatan Cofenenin sampling , Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel, dengan menggunakan pengambilan sampel adalah responden nasabah tabungan PT. Bank BRI Syariah Cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitia analisis data statistik SEM, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian secara individu dari masing-masing variabel saling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dimana variabel kualitas layanan dengan indikator realibilitas, variabel nilai bagi nasabah dengan indikator Nilai Layanan, dan atribut produk Islam dengan indikator sistem bagi hasil. Namun dari ketiga variabel tersebut yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah variabel nilai bagi nasabah. Selain itu bank BRI Sayariah Cabang Malang perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/460/051309042
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2013 11:04
Last Modified: 19 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106879
[thumbnail of 051309042.pdf]
Preview
Text
051309042.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item