Implikasi Kredit Pertanian Terhadap Pendapatan Petani (Studi Kasus: Program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi Pada Petani Tebu di Kabupaten Malang)

Dalilah, ImaninaEka (2013) Implikasi Kredit Pertanian Terhadap Pendapatan Petani (Studi Kasus: Program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi Pada Petani Tebu di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggambarkan dan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah petani tebu di Kabupaten Malang dengan judul penelitian "Implikasi Kredit pertanian Terhadap Pendapatan Petani Tebu di Kabupaten Malang (Studi Kasus: Program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi Pada Petani Tebu di Kabupaten Malang)". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kemitraan pertanian tebu dalam menunjang tata niaga petani tebu untuk menyejahterakan petani tebu di Kabupaten Malang, dan untuk mengetahui implikasi kredit pertanian dalam program KKPE terhadap kesejahteraan petani tebu di Kabupaten Malang. Analisis yang digunakan untuk mengukur pendapatan petani tebu di Kabupaten Malang menggunakan analisis pendapatan usahatani dan imbangan dan penerimaan biaya (R/C ratio) untuk mengukur efisiensi dan kelayakan usahatani. Hasil analisis pendapatan usahatani tebu tersebut menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh petani tebu non-mitra lebih besar dari keuntungan yang diperoleh petani tebu mitra. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemitraan belum memberikan peran yang signifikan dalam menunjang tata niaga petani tebu, sehingga kemitraan tersebut juga belum dapat memberikan kesejahteraan bagi petani tebu di Kabupaten Malang. Selain itu, dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan juga bahwa kredit pertanian dalam program KKPE belum memberikan implikasi yang signifikan terhadap pendapatan petani tebu di Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/404/051308411
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2013 10:48
Last Modified: 19 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106821
[thumbnail of Skripsi_Imanina.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Imanina.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER_dan_DAFTAR_ISI_Sripsi_Imanina.pdf]
Preview
Text
COVER_dan_DAFTAR_ISI_Sripsi_Imanina.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item