Analisis Konsistensi Perencanaan dan Penganggaran di Kabupaten Tulungagung (Studi pada Bidang Pendidikan dan Kesehatan Tahun 2010-2012)

Solichah, SitiImroatus (2013) Analisis Konsistensi Perencanaan dan Penganggaran di Kabupaten Tulungagung (Studi pada Bidang Pendidikan dan Kesehatan Tahun 2010-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan dan penganggaran merupakan satu kesatuan proses yang penting dalam pembangunan tahunan daerah, terutama pembangunan untuk bidang-bidang yang mendasar seperti pendidikan dan kesehatan. Proses yang kompleks tersebut menghasilkan RKPD, PPAS dan APBD. RKPD merupakan dokumen yang menjaring aspirasi masyarakat daerah melalui musrenbang. Selanjutnya, rencana kerja dan pendanaan RKPD dijadikan pedoman dalam menyusun PPAS kemudian APBD. PPAS menjembatani antara perencanaan (RKPD) dengan kebijakan dan rancangan anggaran berdasar pada ketersediaan atau pagu anggaran. APBD merefleksikan alokasi anggaran untuk melaksanakan program dan kegiatan prioritas yang telah disepakati dalam dokumen PPAS dan menjadi dasar pelaksanaan keuangan daerah untuk satu tahun anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai konsistensi muatan antar dokumendokumen tersebut. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder berupa rencana program, kegiatan dan anggaran yang ada pada dokumen RKPD, PPAS, dan APBD Kabupaten Tulungagung tahun 2010 hingga 2012. Konsistensi program dan kegiatan dianalisis dengan menggunakan MKPP untuk keterkaitan antara RKPD dan PPAS serta antara PPAS dan APBD. Sedangkan konsistensi anggaran dianalisis dengan korelasi. Selanjutnya penulis juga melakukan wawancara dengan pihak Bappeda guna mengetahui penyebab terjadinya ketidakkonsistenan antar dokumen. Selama periode 2010 hingga 2012 di Kabupaten Tulungagung, masih terjadi ketidakkonsistenan antara RKPD dan PPAS maupun antara PPAS dan APBD. Tingkat konsistensi secara keseluruhan lebih tinggi ditemui antara PPAS dan APBD. Faktor yang diduga mempengaruhi hal ini adalah karena PPAS sudah merupakan kesepakatan bersama antara eksekutif dan DPRD, sehingga kalaupun ada perubahan pada APBD tidak terlalu besar, sedangkan RKPD merupakan produk keputusan eksekutif saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/381/051308120
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Sep 2013 09:49
Last Modified: 19 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106798
[thumbnail of 051308120.pdf]
Preview
Text
051308120.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item