Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Karya Tani Unit Tumpang Kabupaten Malang

MahfudhinSyah, AhmadAlfian (2013) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Karya Tani Unit Tumpang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas jasa sangat erat hubungannya dengan pelayanan. Keberhasilan perusahaan jasa memenangkan persaingan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas pelayanannya. KSP. Karya Tani Unit Tumpang dibawah manajemen Bapak H. Purbiantono merupakan kantor cabang pertama dari dua kantor cabang lainnya, yaitu KSP. Karya Tani Unit Pakis yang berada di Kecamatan Pakis dan KSP. Karya Tani Unit Wajak yang ada di Kecamatan Wajak. Selain itu, KSP. Karya Tani Unit Tumpang memiliki jumlah nasabah lebih banyak dibanding dengan KSP. Karya Tani Unit Pakis dan Unit Wajak. Sebagai salah satu perusahaan jasa, KSP. Karya Tani Unit Tumpang perlu mengevaluasi kualitas pelayanannya dan memperhatikan kepuasan nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa yang terdiri dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan nasabah KSP. Karya Tani Unit Tumpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan serta berarti atau tidak hubungan tersebut. Sampel sebanyak 100 responden diambil dengan metode nonprobability sampling dan menggunakan salah satu tekniknya, yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan wawancara. Pengujian instrument menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji saumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti langsung (X 1 ), keandalan (X 2 ), daya tanggap (X 3 ), jaminan (X 4 ), dan empati (X 5 ) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah KSP. Karya Tani Unit Tumpang (Y). Variabel kualitas jasa memiliki koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,895, hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas jasa mempengaruhi 89,5% kepuasan nasabah, sisanya sebesar 10,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara parsial seluruh variabel kualitas jasa yang terdiri dari variabel bukti langsung (X 1 ), keandalan (X 2 ), daya tanggap (X 3 ), jaminan (X 4 ), dan empati (X 5 ) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Koefisien regresi dari kelima variabel yang diteliti terdiri dari, variabel bukti langsung (X 1 ) sebesar 0.088, keandalan (X 2 ) sebesar 0.362, daya tanggap (X 3 ) sebesar 0.562, jaminan (X 4 ) sebesar 0.158, dan empati (X 5 ) sebesar 0.122. Koefisien regresi terbesar dimiliki oleh variabel daya tanggap (X 3 ), sehingga variabel daya tanggap (X 3 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah dibanding dengan empat variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/375/051307973
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Sep 2013 09:57
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106792
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item