Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tingkat Uakpa (Studi Pada Satuan Kerja Di Wilayah Kerja KPPN Malang)

Binsar, Antonius (2013) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tingkat Uakpa (Studi Pada Satuan Kerja Di Wilayah Kerja KPPN Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga tingkat satuan kerja (UAKPA). Penelitian ini terdorong masih banyaknya laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga tingkat satuan kerja yang belum disampaikan secara tepat waktu ke KPPN. Variabel independen yang diambil yakni kemampuan sumber daya manusia, sarana pendukung, organisasi tim, aturan hukum, dan aksesibilitas wilayah diteliti menggunakan instrumen berupa kuesioner, sedangkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sebagai variabel dependen, adalah 7 (tujuh) hari kerja setelah periode pelaporan berakhir, yang dibandingkan dengan waktu penyampaian laporan keuangan satuan kerja. Penelitian ini dilakukan terhadap satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPPN Malang. Data kuesioner diperoleh dari 79 operator SAKPA/staf penyusun laporan keuangan satuan kerja. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menemukan bukti variabel kemampuan sumber daya manusia, sarana pendukung, organisasi tim, aturan hukum, dan aksesibilitas wilayah berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan kementerian negara/lembaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/343/051307441
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Aug 2013 14:44
Last Modified: 19 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106761
[thumbnail of ANTONIUS_BINSAR_-_105020315111005_-_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ANTONIUS_BINSAR_-_105020315111005_-_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item