Pengaruh Faktor Pengalaman Kerja, Motivasi Kerja, dan Intensitas Pelatihan Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Satuan Kerja di Wilayah Bayar KPPN Malang”

Putra, GalihPratama (2013) Pengaruh Faktor Pengalaman Kerja, Motivasi Kerja, dan Intensitas Pelatihan Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Satuan Kerja di Wilayah Bayar KPPN Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor pengalaman kerja, motivasi kerja, dan intensitas pelatihan terhadap kualitas pelaporan keuangan satuan kerja yang menjadi mitra kerja KPPN Malang. Yang dimaksud sebagai kualitas pelaporan keuangan dalam hal ini adalah ketepatan waktu dan ketepatan data rekonsiliasi data Aplikasi SAKPA satuan kerja dengan KPPN. Kualitas pelaporan keuangan ini adalah salahsatu bentuk prestasi kerja individu. Dalam beberapa literatur dan penelitian terdahulu, prestasi kerja seorang individu dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah motivasi, pengalamn dan intensitas pelatihan yang diikuti oleh individu tersebut terkait dengan pekerjaannya. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut, digunakan analisis regresi logistik dengan memberi atribut biner/dikotomus untuk masing-masing satuan kerja. Atribut baik untuk satuan kerja yang melakukan pelaporan keuangan secara tepat waktu dan tepat data. Serta sebaliknya untuk satuan kerja yang terlambat atau yang baru melakukan pelaporan keuangan setelah dihubungi pihak KPPN. Khusus untuk variabel motivasi kerja, data awal diolah terlebih dahulu menggunakan analisis faktor konfirmatori untuk menghasilkan nilai dari variabel tersebut. Dari hasil analisis regresi logistik, diketahui bahwa variabel pengalaman kerja, motivasi kerja, dan intensitas pelatihan baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan satuan kerja di wilayah bayar KPPN Malang. Variabel pengalaman kerja berpengaruh secara negatif, sementara variabel motivasi kerja, dan intensitas pelatihan berpengaruh positif terhadap kualitas pelaporan keuangan. Atas dasar tersebut, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa lama tidaknya pengalaman kerja, tingkat motivasi, dan jumlah pelatihan terkait pekerjaan seorang petugas operator aplikasi SAKPA mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan kantor pemerintah dimana ia bekerja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/337/051307435
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Aug 2013 13:42
Last Modified: 19 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106754
[thumbnail of 051307435.pdf]
Preview
Text
051307435.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item