Kepuasan atas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di kota Malang Jawa Timur.

Nilawati, HestiChandra (2013) Kepuasan atas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan atas pelayanan perpajakan melalui dimensi sistem kualitas pelayanan (SERVQUAL) terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Malang Jawa Timur. Terdapat lima variabel independen dan satu variabel dependen di dalam penelitian ini. Variabel independen terdiri atas bukti fisik, keandalan, daya tanggap, keyakinan, dan empati, serta variabel dependen yaitu kepatuhan wajib pajak UMKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan survey . Data penelitian menggunakan data primer dari kuesioner yang disebar kepada 75 responden. Teknik penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan SPSS 16.0. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, daya tanggap, keyakinan, dan empati berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di kota Malang. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, dan empati tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sedangkan variabel keyakinan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keyakinan wajib pajak terhadap pelayanan perpajakan yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/312/051306983
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Sep 2013 09:18
Last Modified: 19 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106729
[thumbnail of 051306983.pdf]
Preview
Text
051306983.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item