Kedudukan Hukum Dan Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Pakraman Di Bali Dalam Sistem Lembaga Keuangan Mikro Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan(Studi Di Lpd Desa Pakraman K

Raydika, IDewaGedeZulvan (2013) Kedudukan Hukum Dan Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Pakraman Di Bali Dalam Sistem Lembaga Keuangan Mikro Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan(Studi Di Lpd Desa Pakraman K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Kedudukan Hukum Dan Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Pakraman di Bali Dalam Sistem Lembaga Keuangan Mikro Menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan dengan studi kasus di LPD Desa Pakraman Kedonganan. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mengenai pemerintah yang mencoba memberikan status hukum lembaga keuangan tertentu kepada LPD, seperti pemberian status hukum sebagai BPR, LKM, dan Koperasi. Sedangkan dalam hal ini LPD memiliki sifat khusus, yakni hanya melayani masyarakat desa pakraman dan beroperasi hanya di wilayah desa pakraman . Sifat khusus tersebut tidak dimiliki oleh lembaga-lembaga keuangan lain. Sehingga apabila pemberian status hukum tersebut tetap dilakukan LPD akan kehilangan sifat khusus tersebut. Dalam hal ini LPD di Bali juga memiliki pengaruh yang besar terhadap pergerakan perekonomian desa, seperti desa pakraman Kedonganan yang kini berhasil dan telah memiliki asset berjumlah milyaran rupiah. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana kedudukan hukum Lembaga Perkreditan Desa yang berbasis masyarakat hukum adat di Bali dalam sistem Lembaga Keuangan Mikro menurut Undang-undang No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan? (2) Bagaimana kinerja Lembaga Perkreditan Desa, sebagai lembaga perekonomian rakyat yang berbasis mayarakat hukum adat di Bali? (3) Apa faktor yang mendukung keberhasilan Lembaga Perkreditan Desa, sebagai lembaga perekonomian rakyat yang berbasis masyarakat hukum adat di Bali? Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian hukum normatif untuk menjawab rumusan masalah nomor (1) dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan, untuk mengkaji kedudukan yuridis dari LPD yang berbasis hukum adat di Bali, dengan mempelajari asas-asas dan analisis norma berdasarkan Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, dan menggunakan metode penelitian empiris untuk menjawab rumusan masalah nomor (2) dan (3) dengan pendekatan yuridis sosiologis, untuk mengkaji dan meneliti kinerja LPD dan faktor pendorong keberhasilan LPD sebagai lembaga perekonomian di Bali. Agar hasil yang diperoleh lebih relevan dan maksimal, diadakan penelitian lapangan terkait permasalahan yang ada, yaitu dengan studi langsung di LPD Desa Pakraman Kedonganan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/213/051308890
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2013 09:51
Last Modified: 18 Oct 2021 12:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106626
[thumbnail of 6_Ringkasan.pdf]
Preview
Text
6_Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
Text
Bab_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
Text
Bab_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
Text
Bab_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
Text
Bab_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover+Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Cover+Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item