Upaya Meksiko dalam Menangani Penyelundupan Senjata Ilegal dari Amerika Serikat Pada Tahun 2011-2014

Jannah, Ayu Magda Roichatul (2018) Upaya Meksiko dalam Menangani Penyelundupan Senjata Ilegal dari Amerika Serikat Pada Tahun 2011-2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Meksiko dalam menangani salah satu aktivitas kejahatan transnasional di negaranya yaitu aktivitas penyelundupan senjata yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 2011 hingga tahun 2014. Penelitian ini penting dilakukan karena ternyata aktivitas penyelundupan senjata di Meksiko merupakan aktivitas kejahatan transnasional yang jumlahnya tidak kalah tinggi dengan aktivitas perdagangan narkoba. Aktivitas penyelundupan senjata menjadi pendamping dari aktivitas perdagangan narkoba yang terjadi di negara ini. Sebagian besar senjata yang ada di Meksiko merupakan senjata ilegal dan senjata tersebut berasal dari Amerika Serikat. Pada tahun 2011 hingga tahun 2014 angka penyelundupan senjata mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan Theory of Change yang dikemukakan oleh Tim Midgley yang menjelaskan beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk dijadikan kerangka atau dasar dalam penanganan kejahatan transnasional dalam sebuah negara. Dengan teori tersebut penulis mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Meksiko dalam menangani penyelundupan senjata dari Amerika Serikat. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Meksiko sudah melakukan banyak upaya penanganan yang dilakukan pada banyak sektor.

English Abstract

This study aims to determine what efforts Mexico does in combating one of the transnational crime activities in the country that is arms smuggling originating from the United States in 2011 to 2014. This research is important because it turns out the activities of arms smuggling in Mexico is one of transnational crime activity that is no less high with drug trafficking activities. Arms smuggling activities become a companion of drug trafficking activities that occur in this country. Most of the weapons in Mexico are illegal weapons and they come from the United States. In 2011 until the year 2014 the number of smuggling weapons decreased. This study uses Theory of Change proposed by Tim Midgley which explains some efforts that can be done to be a framework or basis in the combating of transnational crime in a country. With the theory the author describes the efforts made by Mexico in combating arms smuggling from the United States. The results of this study prove that Mexico has done a lot of effort in many sectors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/221/051803621
Uncontrolled Keywords: Kejahatan transnasional , Meksiko , senjata , penyelundupan senjata, Theory of Change
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 May 2018 00:41
Last Modified: 11 Jun 2024 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10661
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of SURAT TUGAS PENGUJI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SURAT TUGAS PENGUJI SKRIPSI.pdf

Download (495kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item