Mengungkap Pemahaman Tentang Akuntansi Serta Kecerdasan Emosional, Spiritual Dan Sosial Mahasiswa: Sebuah Studi Fenomenologi

Mulia, AnnisaSekar (2013) Mengungkap Pemahaman Tentang Akuntansi Serta Kecerdasan Emosional, Spiritual Dan Sosial Mahasiswa: Sebuah Studi Fenomenologi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan akuntansi yang terlalu didominasi oleh sifat maskulinitasnya yang berfokus pada rasionalitas (Intelektualitas) sehingga mengabaikan berbagai sudut pandang yang seharusnya diintegrasikan sebagai sebuah keutuhan untuk peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman mahasiswa atas akuntansi jika menggunakan sudut pandang lainnya, yaitu kecerdasan emosional, spiritual dan sosial. Dalam rangka mengeksplorasi pemahaman mahasiswa dari berbagai sudut pandang, fenomenologi digunakan sebagai metodologi, dengan paradigma interpretif sebagai payung penelitian. Ekplorasi pemahaman dan kesadaran mahasiswa terhadap berbagai sudut pandang dilakukan secara mendalam menggunakan Epoche . Temuan mengindikasikan bahwa mahasiswa sudah dapat memahami akuntansi dari berbagai kecerdasan dengan pendapatnya masing-masing, akan tetapi mahasiswa masih terbelenggu dengan karakter (baik karakter pendidik maupun mahasiswa) serta sistem yang sudah mengakar pada pendidikan akuntansi. Dengan adanya hambatan tersebut, diajukan ide bahwa dibutuhkan sebuah usaha agar dapat mengupayakan perubahan dalam pendidikan akuntansi agar dapat mencapai keseimbangan dengan mengintegrasikan berbagai sudut pandang sebagai sebuah keutuhan.

English Abstract

This study is encouraged by a phenomenon of accounting education that is dominated by its masculinity that focuses on rationality (Intellectuality) and negates other perspectives that should be integrated as a unity for the sake of civilization. This study aims to explore the students’ understanding of accounting in other perspectives, such as Emotionality, Spirituality and Social awareness. In order to explore the students’ understanding of accounting from these perspectives, phenomenology is employed as methodology, under interpretive paradigm as the umbrella of this research. Epoche was used to achieve every details of the students’ understanding and consciousness in other perspectives. The findings suggest that actually the students understand accounting in various perspectives. However, their understanding is being caged by character (both educators and students’) and the systems that have a strong influence to accounting education. Because of that main obstacle, it is urgently needed that there should be an effort to change the accounting education system, so that it can reach its balance by integrating all of the perspectives as one unity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/128/051303565
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2013 15:53
Last Modified: 18 Oct 2021 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106536
[thumbnail of 051303565.pdf]
Preview
Text
051303565.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item