Peran Modal Sosial Pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Usaha Daur Ulang di Desa Kedungwonokerto, Kecamatan Prambon, Sidoarjo).

Nurami, Meri (2013) Peran Modal Sosial Pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Usaha Daur Ulang di Desa Kedungwonokerto, Kecamatan Prambon, Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat telah banyak digulirkan pemerintah semenjak orde baru berkuasa hingga era reformasi sekarang ini. Namun hasil dari program-program tersebut kurang dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruh dan kurang menyentuh pada setiap elemen masyarakat Indonesia. Karena program-program yang dilakukan cenderung seragam dan kurang melihat potensi setiap wilayah dan masyarakat Indonesia yang begitu beragam. Untuk itulah diperlukan formulasi ulang untuk merancang program-program pemberdayaan yang lebih mengedepankan kekayaan yang dimiliki oleh setiap wilayah dan juga dapat memperhatikan karakteristik masyarakatnya. Salah satunya langkah untuk mewujudkannya adalah mengubah strategi perencanaan program pemberdayaan yang sebelumnya lebih didominasi oleh pemerintah melalui top down planning menjadi bottom up planning yang lebih diprakarsai oleh masyarakat tingkat bawah. Dalam proses bottom up planning selain memperhatikan aspek kekayaan alam atau modal fisiknya, modal manusia yang dimiliki masyarakat juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Modal sosial merupakan wujud modal manusia yang paling menonjol untuk dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dalam pelaksanaan program-program pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran modal sosial (kepercayaan, jaringan, dan norma) pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Kedungwonokerto dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial yang dimiliki oleh pelaku usaha daur ulang memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan dan mempertahankan eksistensi usahanya tidak dapat berdiri sendiri dan saling terkait antara satu dengan yang lain. Kepercayaan menjadi pelumas bagi jaringan sehingga membantu kelancaran dalam usaha sekaligus menjadi cerminan dari penegakan norma. Jaringan sosial tercipta atas dasar saling percaya diantara individu/kelompok untuk melakukan kerjasama yang saling menguntungkan sehingga hadir sebagai penjamin keberlanjutan usaha. Sedangkan norma merupakan koridor berinteraksi dalam jaringan sosial dimana penegakan norma akan meningkatkan rasa kepercayaan. Pemanfaatan modal sosial secara optimal dalam usaha daur ulang mampu memberdayakan masyarakat Desa Kedungwonokerto yang dapat dilihat dari munculnya peluang-peluang usaha baru seperti jasa pengangkutan; penyerapan tenaga kerja dan meningkatnya potensi ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/126/051303562
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2013 14:29
Last Modified: 18 Oct 2021 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106534
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi.pdf]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Motto.pdf]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item