Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Sub Unit Community Development Center PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Malang yang Be

Khairutstsani, RidhaAkbar (2012) Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Sub Unit Community Development Center PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Malang yang Be. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi relationship marketing , yang terdiri dari: (1) kebenaran, (2) komitmen, (3) komunikasi, dan (4) keuntungan bersama terhadap kepuasan mitra binaan pada Sub Unit Community Development Center PT. Telkom Kandatel Malang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang telah ditetapkan dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang mitra binaan CDC Telkom Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling . Teknik ini dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisa data yang digunakan, memakai uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskesdastisitas. Hasil penelitian regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel kebenaran (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), dan keuntungan bersama (X 4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan dengan signifikansi 0,000 dan F hitung sebesar 26,621 Sedangkan secara parsial, variabel kebenaran (X 1 ), komitmen (X 2 ), dan keuntungan bersama (X 4 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan dengan signifikansi masing-masing 0,034; 0,047; dan 0,024. Sedangkan variabel komunikasi (X 3 ) kurang berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,051. Variabel yang paling dominan terhadap kepuasan mitra binaan yaitu variabel kebenaran (X 1 ) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,527. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel yaitu, kebenaran, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan CDC Telkom Malang, namun tidak seluruhnya secara parsial. Variabel kebenaran (X 1 ) merupakan variabel yang paling dominan terhadap kepuasan mitra binaan CDC Telkom Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/97/051200970
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2012 15:08
Last Modified: 18 Oct 2021 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106504
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item