Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Siklus Penerimaan Kas Sektor Pajak ( Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur )

Putri, RenditaFrengky (2012) Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Siklus Penerimaan Kas Sektor Pajak ( Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas sistem pengendalian intern (SPI) pada Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur. Evaluasi terhadap SPI dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis yang kemudian diberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Analisa yang digunakan berdasarkan Committee Of Sponsoring Organization (COSO), yaitu analisa lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, analisa aktivitas pengendalian, analisa informasi dan komunikasi, dan analisa pemonitoran.    Dinas Pendapatan mempunyai Tugas Pokok melaksanakan kewenangan desentralisasi dan tugas dekonsentrasi di bidang pendapatan. Salah satu jenis pendapatan yang diterima yaitu pendapatan dari sektor pajak. Dimana terdapat 5 jenis pajak yang dinaungi oleh dinas tersebut yaitu pajak rokok, pajak kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/96/051200969
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2012 15:00
Last Modified: 18 Oct 2021 10:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106503
[thumbnail of ANALISIS_SISTEM_PENGENDALIAN_INTERNAL_PADA_SIKLUS_PENERIMAAN.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PENGENDALIAN_INTERNAL_PADA_SIKLUS_PENERIMAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item