Evaluasi Cost Competitivenes Pada Perusahaan Rokok Golongan Tiga (III) di Malang.

Permana, Fendy (2011) Evaluasi Cost Competitivenes Pada Perusahaan Rokok Golongan Tiga (III) di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlakuan selama ini perusahaan rokok golongan tiga di Malang terhadap biaya-biaya yang dibebankan dalam setiap produk rokok yang dijual. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perusahaan rokok dan merek rokok yang paling efisien dalam mengkonsumsi biaya-biaya yang terjadi selama ini dan untuk mengetahui merek rokok yang memiliki daya saing paling bagus dalam penerapan strategi kepemimpinan biaya dibanding merek yang lain. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus dilaksanakan di tiga perusahaan rokok golongan tiga di Malang. Perusahaan rokok dan merek rokok yang diteliti adalah PR Djagung Padi (Djagung Hijau dan Djagung Coklat), PR Putra Gemilang (Sam Sung Black, Sam Sung, dan Sabuk Mas), PR Dolar Prima (D One 16, D One Clas A, dan French). Dalam penyusunan skripisi ini penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penlitian kepustakaan untuk pengumpulan data. Dalam menetukan harga jual, ada perusahaaan yang memiliki perhitungan biaya secara rinci dan ada yang menggunakan perkiraan serta tidak semua biaya dialokasikan ke produk. Oleh karena itu, biaya-biaya tiap merek dihitung kembali dengan menggunakan metode Activity Based-Costing (ABC) agar diperoleh biaya yang lebih akurat. Terdapat lima aktivitas perhitungan ini, aktivitas dengan penggerak unit produksi; jam mesin; jumlah pengiriman; jumlah kegiatan promosi (jumlah KP); dan jam tenaga kerja langsung (jam TKL). Hasil perhitungan tiap aktivitas tersebut kemudian dipersentasekan dan diperbandingkan untuk mengetahui efisiensi konsumsi biaya. Hasilnya menunjukkan PR Djagung Padi (Djagung Coklat) paling efisien dalam mengkonsumsi biaya pada aktivitas dengan penggerak jumlah pengiriman. Sedangkan PR Putra Gemilang (Sam Sung Black dan Sam Sung) unggul pada penggerak jumlah KP dan unit produksi . Untuk PR Dolar Prima (D One 16) pada aktivitas dengan penggerak jam mesin dan jam TKL. Merek Djagung Coklat juga merupakan merek rokok yang memiliki daya saing paling bagus diantara delapan merek lain karena memiliki selisih antara harga jual menurut perusahaan dengan biaya per bal yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/7/051200222
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2012 14:42
Last Modified: 18 Oct 2021 09:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106469
[thumbnail of 051200222.pdf]
Preview
Text
051200222.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item