Analisis Implementasi Pendekatan Keller & Owens Untuk Pencegahan Fraud Di Organisasi Nirlaba (Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang)

Nurrahman, AbdulRifaniPraja (2012) Analisis Implementasi Pendekatan Keller & Owens Untuk Pencegahan Fraud Di Organisasi Nirlaba (Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, sorotan utama kasus fraud seringkali diarahkan pada organisasi yang mencari keuntungan ( Profit Organization ), namun tidak menutup kemungkinan bahwa fraud bisa juga terjadi di berbagai organisasi nirlaba ( Not-for-profit / Non-profit organization ). Walaupun fakta menunjukkan bahwa di organisasi nirlaba juga dapat terjadi fraud , pada kenyataannya, proses audit untuk mencegah resiko terjadinya fraud masih belum terlalu diperhatikan oleh beberapa pihak. Oleh karena itu, Keller & Owens memberikan pendekatan untuk mencegah terjadinya tindakan kecurangan di dalam organisasi nirlaba secara detail tanpa mengabaikan komponen dari sistem pengendalian internal. Madrasah Aliyah Negeri 3 (MAN 3) Malang sebagai organisasi nirlaba tentunya juga mempunyai kebijakan sendiri terkait dengan pencegahan terjadinya tindakan fraud . Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai penerapan metode pencegahan fraud oleh MAN 3 Malang selama ini, untuk kemudian dibandingkan dengan pendekatan dari Keller & Owens. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif yang menggambarkan penerapan metode pencegahan fraud yang diterapkan oleh organisasi jika dibandingkan dengan pendekatan yang ditawarkan oleh Keller & Owens. Penelitian ini hanya mengungkapkan dan mendeskripsikan fakta-fakta yang ada tanpa melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan metode pencegahan fraud yang diterapkan di MAN 3 Malang dengan metode Keller & Owens yaitu: (1) MAN 3 Malang menerapkan penetapan mandat, nilai keunggulan, visi, misi, dan tujuan, sementara Keller & Owens menawarkan metode penetapan kebijakan antifraud terkait dewan pengurus dan terkait organisasi; (2) MAN 3 Malang menetapkan mandat, nilai, keunggulan, visi, misi & tujuan; penetapan pedoman tingkah laku guru & karyawan; dan pembuatan pengendalian sistem terpadu di bidang administrasi & keuangan; sementara Keller & Owens menawarkan metode pengaturan pedoman umum organisasi; penetapan pedoman tingkah laku karyawan; penetapan pedoman jika terjadi konflik kepentingan; dan penanganan sumber daya & pencatatan organisasi; (3) MAN 3 Malang menjabarkan bentuk kegiatan bidang administrasi & keuangan; menerapkan jaringan ICT Terpadu; dan menciptakan budaya organisasi yang positif; sementara Keller & Owens menawarkan metode khusus dan rinci dalam pengendalian keuangan dan juga pengendalian non-keuangan; (4) MAN 3 Malang membentuk Komite Madrasah sementara Keller & Owens menawarkan metode untuk membentuk Tim Antifraud yang terdiri dari eksternal & internal auditor serta anggota-anggota lain yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/575/051300880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Apr 2013 15:44
Last Modified: 21 Oct 2021 00:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106406
[thumbnail of 051300880.pdf]
Preview
Text
051300880.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item