Pengaruh Store Atmosphere Loka Mart Malang Terhadap Keputusan Pembelian

Azizah, Nurizka (2017) Pengaruh Store Atmosphere Loka Mart Malang Terhadap Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam ilmu komunikasi terdapat teori atribusi dengan gagasan awalnya adalah tiap individu mencoba untuk memahami perilaku mereka sendiri dan orang lain dengan mencari tahu bagaimana mereka sesungguhnya berperilaku. Salah satu tokoh teori atribusi adalah Fritz Heider yang menjelaskan atribusi kausal yang biasa dibuat setiap orang, yaitu penyebab situasional atau dipengaruhi oleh lingkungan, penyebab pribadi, perasaan, dll. Teori atribusi dari Fritz Heider ini peneliti jadikan alat untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen dari pengaruh store atmosphere. Store Atmosphere atau suasana toko/lingkungan fisik toko salah satu poin yang turut menentukan keberhasilan perusahaan ritel, dalam penelitian ini adalah supermarket Loka Mart Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmosphere Loka Mart Malang terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah store atmosphere dari Berman dan Evans dengan lima sub-variabel yaitu External (Eksternal), General Interior (Interior), Layout & Design (Tata letak & desain), Point of purchase & Decoration (Tata letak produk & Dekorasi), Human (Manusia). Keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Loka Mart Malang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan, variabel terikat (keputusan pembelian) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas. Sedangkan uji secara parsial menghasilkan sub-variabel External (Eksternal), General Interior (Interior), Layout & Design (Tata letak & desain), Point of purchase & Decoration (Tata letak produk & Dekorasi) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk sub-variabel Human (Manusia) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya kontribusi dari hasil penelitian ini adalah 70,5% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Pengaruh yang paling dominan dalam penelitian ini adalah sub-variabel Point of purchase & Decoration (Tata letak produk & Dekorasi). Penelitian ini juga menghasilkan bahwa teori atribusi Fritz Heider yang berfokus pada pengaruh situasional atau dipengaruhi lingkungan terbukti mempengaruhi responden untuk berbelanja di Loka Mart Malang.

English Abstract

In the science of communication there is the theory of attribution with the original idea is that each individual tries to understand their own behavior and others by finding out how they actually behave. Fritz Heider who describes the causal attributions commonly made by everyone explain situational causes or influenced by the environment, personal causes, feelings, etc. Attribution theory from Fritz Heider, researcher make a bridge from this to know consumer purchasing decision from effect of store atmosphere. Store Atmosphere or physical store environment one of the points that helped determine the success of retail companies, in this study is Loka Mart Malang. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of Loka Mart Malang store atmosphere towards the purchase decision. This research uses positivistic paradigm. While the approach is a quantitative approach with explanative methods. The independent variables in this research are the store atmosphere of Berman & Evans with five sub-variables: External, General Interior, Layout & Design, Point of Purchase & Decoration, Human. Purchase decision as dependent variable. The data of this study was collected through questionnaires. The population of this study was the visitors of Loka Mart Malang. The sampling method used in this study was simple random sampling technique by 100 respondents. The results based on the multiple linear regression analysis indicated that simultaneously, the dependent variable (purchase decision) is influenced significantly by the independent variable. While the test partially generate sub-variables External, General Interior, Layout & Design, Point of Purchase Decoration significant effect on purchasing decisions, Human variables have no significant effect on purchasing decisions. The amount of the contribution was 70,5%, while the rest was influenced by other variables that were not discussed in this study. The results also showed that Point of Purchase & Decoration was a sub-variable that provided the most dominant influence. From this research showed that attribution theory from Fritz Heider which focused situational causes or influenced by the environment effect the respondents to make purchasement in Loka Mart Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/551/051706262
Uncontrolled Keywords: Teori Atribusi, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian
Subjects: 700 The Arts > 725 Public structures > 725.2 Commercial and communications buildings > 725.21 Retail trade buildings
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:46
Last Modified: 06 Oct 2020 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1064
[thumbnail of Nurizka Azizah.pdf]
Preview
Text
Nurizka Azizah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item