PengaruPengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Return Saham Industri Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di BEI (Periode Tahun 2007-2011)”

Irawan, Dedy (2012) PengaruPengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Return Saham Industri Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di BEI (Periode Tahun 2007-2011)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis fundamental melalui rasio-rasio keuangan adalah salah satu cara untuk mengukur pengaruh kinerja perusahaan terhadap return saham. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta menguji secara simultan pengaruh rasio keuangan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskriptifkan atau menggambarkan data yang telah terkumpul bertujuan untuk mengetahui sistematik penelitian yang dilakukan dan memeriksa sebab-sebab gejala tertentu. Obyek penelitian ini adalah industri otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2007-2011 yang aktif menerbitkan laporan keuangan selama tahun pengamatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak dua perusahaan. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa rasio likuiditas berpengaruh terhadap return saham, hal ini terbukti dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh t hitung 0,00, H 0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Rasio leverage berpengaruh terhadap return saham, dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh t hitung 0,00, H 0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Rasio aktivitas berpengaruh terhadap return saham, dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh t hitung 0,00, H 0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Rasio profitabilitas berpengaruh terhadap return saham, dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh t hitung 0,00, H 0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Secara simultan menunjukkan bahwa rasio keuangan berpengaruh signifikan terhadap return saham, hal ini terbukti dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji F yang memperoleh F hitung 0,00, H 0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini yaitu secara parsial maupun simultan variabel bebas yaitu rasio likuiditas, leverage , aktivitas, dan profitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Variabel rasio profitabilitas merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap return saham industri otomotif dan komponennya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/542/051205628
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2013 11:53
Last Modified: 20 Oct 2021 23:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106372
[thumbnail of BAB_1_-_5.pdf]
Preview
Text
BAB_1_-_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item