Pengaruh Kegiatan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masakku (Studi Pada Perusahaan Distributor Masakku Malang)

Febriyanti, Nurul (2012) Pengaruh Kegiatan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masakku (Studi Pada Perusahaan Distributor Masakku Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen Masakku (studi pada perusahaan distributor Masakku Malang). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Memprospek (X 1 ),Pendekatan (X 2 ), Demo (X 3 ), Mengatasi keberatan (X 4 ), Menutup Penjualan (X 5 ), Tindak Lanjut (X 6 ). Sedangkan variabel dependennya yaitu keputusan pembelian konsumen masakku Malang (Y). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research dengan sampel sebanyak 71 responden yang diperoleh dari rumus Slovin. Dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling . Sedan kan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows . Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan variabel memprospek, pendekatan, demo, mengatasi keberatan, menutup penjualan, tindak lanjut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial, variabel memprospek, pendekatan, demo, mengatasi keberatan, menutup penjualan dan tindak lanjut memiliki pengaruh yang signifikan dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,000. Dari keenam variabel bebas tersebut, diketahui bahwa variabel Pendekatan (X 2 ) memiliki pengaruh dominan sebesar 0,237 terhadap keputusan pembelian konsumen masakku Malang. Nilai Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0.849 artinya variabel memprospek, pendekatan, demo, mengatasi keberatan, menutup penjualan dan tindak lanjut mampu menjelaskan variasi perubahan variabel keputusan konsumen masakku Malang sebesar 84.9%, sedangkan sisanya sebesar 15.1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini adalah prapendekatan, faktor internal dan eksternal keputusan pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa keenam variabel bebas telah memiliki daya penjelas yang cukup tinggi karena menghasilkan nilai koefisien determinasi lebih besar dari 50%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keenam variabel bebas yaitu Memprospek (X 1 ),Pendekatan (X 2 ), Demo (X 3 ), Mengatasi keberatan (X 4 ), Menutup Penjualan (X 5 ), Tindak Lanjut (X 6 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen masakku Malang (Y) baik secara simultan maupun parsial dan variabel pendekatan (X 2 ) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen masakku Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/496/051204631
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Dec 2012 14:43
Last Modified: 20 Oct 2021 23:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106321
[thumbnail of 051204631.pdf]
Preview
Text
051204631.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item