Penentuan Harga Pokok Telur Ayam Ras Untuk Kebutuhan Pelaporan Keuangan Dan Manajerial (Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Telur Ayam Ras Ud. Berkah)

Abdillah, MBobRizal (2012) Penentuan Harga Pokok Telur Ayam Ras Untuk Kebutuhan Pelaporan Keuangan Dan Manajerial (Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Telur Ayam Ras Ud. Berkah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penentuan harga pokok produksi sangatlah penting bagi setiap pelaku industri manufaktur, dalam hal ini terfokus pada industri peternakan ayam petelur (layer) pada UD. BERKAH. Ini dikarenakan dengan harga jual telur ayam rasyang fluktuatif dengan permintaan yang elastic demand, perlu adanya informasi mengenai berapa besarnya biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi telur. Hal ini membantu pelaku usaha dalam menentukan besarnya keuntungan maupun kerugian yang diterima dari setiap proses produksi. Selain itu, informasi harga pokok produksi ini menjadi kontrol biaya produksi yang dikeluarkan agar takterjadi kerugian yang terus menerus mengingat harga jual yang tidak bisa ditentukan oleh peternak ayam petelur. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan metode perhitungan harga pokok produksi UD. BERKAH dengan teori yang penulis terima dari dunia akademik, juga evaluasi terhadap metode kalkulasi harga pokok produksi UD. BERKAH agar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dan aturan akuntansi yang berlaku, mengingat belum adanya Standar Akuntansi Keuangan yang mengatur tentang industri peternakan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa metode penentuan harga pokok produksi yang dibuat oleh UD. BERKAH untuk kebutuhan penyajian Laporan Keuangan sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, yaitu menggunakan metode full absorption costing. Tetapi terdapat kesalahan dalam kalkulasinya karena perusahaan masih menggunakan actual costing. Padahal untuk penyajian Laporan Keuangan, metode normal costing lah yang seharusnya dipakai. Dan untuk kebutuhan manajerial, UD. BERKAH belum membuat Laporan Manajerial yang sesuai dengan teori akuntansi manajemen. Yaitu menggunakan metode variable costing dalam penentuan harga pokok dan laporan keuangannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sekaligus diimplementasikan dalam pembuatan Laporan Keuangan dan Manajerial pada UD. BERKAH.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/489/051203917
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 09:21
Last Modified: 20 Oct 2021 23:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106313
[thumbnail of M._Bob_Rizal_Abdillah_(0810230094).pdf]
Preview
Text
M._Bob_Rizal_Abdillah_(0810230094).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item