Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Food And Beverage Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2008-2011

Ilawati, Nur (2012) Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Food And Beverage Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2008-2011. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Struktur modal merupakan masalah yang penting bagi setiap perusahaan karena baik buruknya strukturr modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi finansial perusahaan. Kesalahan dalam penentuan struktur modal akan mempunyai dampak yang luas. Terutama dengan adanya hutang yang sangat besar, akan memberikan beban berat kepada perusahaan karena perusahaan harus menanggungbeban tetap yang semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal baik secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal pada perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, heterokesdastisitas, dan autokorelasi), uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial, variabel pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Dan untuk variabel struktur aktiva dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal adalah pertumbuhan penjualan karena nilai koefisien beta-nya adalah yang terbesar dibandingkan variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/487/051203915
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 15:36
Last Modified: 20 Oct 2021 23:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106311
[thumbnail of 051203915.pdf]
Preview
Text
051203915.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item