Analisis Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Return On Equity pada Perusahaan Rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2011

Rosalina, Mira (2012) Analisis Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Return On Equity pada Perusahaan Rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2011. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial leverage dan operating leverage terhadap return on equity pada perusahaan rokok yang terdaftar di BEI tahun 2002-2011. Financial Leverage dan operating leverage sebagai variabel bebas dan return on equity sebagai variabel terikat. Financial leverage diwakili oleh rasio leverage yaitu degree of financial leverage, total debt to equity ratio,total debt to total capital assets, long- term debt to equity ratio, time interest earned. Operating Leverage diwakili oleh degree of operating leverage dan biaya penyusutan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 3 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT HM Sampoerna tbk, PT Bentoel International Investama tbk dan PT Gudang Garam tbk. Penelitian menggunakan metode saturation sampling (sampel jenuh), yaitu metode pengambilan sampel dengan mengikutsertakan semua anggota populasi sebagai sampel penelitian. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokesdastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan bahwa finacial leverage dan operating leverage berpengaruh signifikan terhadap return on equity dengan signifikansi 0,001 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,635. Sedangkan secara parsial, variabel total debt to equity ratio,total debt to total capital assets, long- term debt to equity ratio, time interest earned menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap return on equity dengan nilai signifikansi sebesar 0,008, 0,070, 0,044, dan 0,001. Sedangkan variabel degree of financial leverage, degree of operating leverage dan biaya penyusutan menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,144, 0,209 dan 0,942. Variabel yang berpengaruh dominan adalah terhadap return on equity adalah variabel total debt to equity ratio dengan standardized coefficients beta sebesar 0,983. xi Dengan demikian dapat dikatakan bahwa financial leverage dan operating leverage berpengaruh terhadap keuntungan yang diterima oleh pemegang saham. Selain itu perlu adanya manajemen hutang yang lebih tepat terutama terhadap hutang jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/470/051203898
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2012 15:00
Last Modified: 20 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106293
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item