Studi Tentang Kesenjangan Pendapaan Rumah Tangga Petani dan Non Petani Di Kabupaten Malang (Studi Kasus: Dusun Pathuk, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang)

FitriaRahmawati, Umi (2012) Studi Tentang Kesenjangan Pendapaan Rumah Tangga Petani dan Non Petani Di Kabupaten Malang (Studi Kasus: Dusun Pathuk, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Sukolilo yang berlokasi di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang merupakan desa yang merepresentasikan kondisi desa penelitian yang diharapkan. Desa Sukolilo terkenal sebagai penghasil jagung, namun struktur sosial ekonomi masyarakatnya telah mengalami pergeseran dengan semakin terbukanya sarana transportasi, komunikasi, dan fasilitas publik lainnya. Pengaruh pembangunan perkotaan telah sampai di desa ini, mendorong jumlah rumah tangga yang bekerja di sektor non pertanian pun cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani dan non petani serta mengetahui tingkat kesenjangan ekonomi rumah tangga petani dan non petani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Eksploratif. Data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, studi literator, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Indeks Gini dan Cross Tab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan rumah tangga petani tergolong lebih lebih tinggi daripada rumah tangga non petani, sedang rata-rata pendapatan petani lebih rendah dari non petani. Berarti rentang pendapatan petani relatif lebih sempit (merata) daripada non petani. Hasil analisis dengan menggunakan kriteria kesenjangan pendapatan Bank Dunia ternyata relatif sama dengan tingkat pengklasifikasian kesenjangan hasil indeks gini yang terjadi di setiap kelompok rumah tangga (petani dan non petani). Hal ini menunjukkan bahwa hadirnya matapencaharian lain di luar petani on-farm di desa Sukolilo tidak memicu terjadinya kesenjangan pendapatan rumah tangga penduduk desa. Oleh karena itu, Perlu adanya perlindungan (keberpihakan) dari pemerintah daerah kepada penduduk perdesaan lapisan bawah (buruh tani petani dan non petani) dalam merencanakan pembangunan daerah yang berbasis investasi berskala besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/466/051203894
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2012 08:59
Last Modified: 20 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106289
[thumbnail of 051203894.pdf]
Preview
Text
051203894.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item